Railbus Solo – Wonogiri Siap Beroperasi

1 27
Railbus Solo - Wonogiri Siap Beroperasi | Foto Dokumentasi

infowonogiri.com – SOLO -Setelah beberapa kali mundur, Railbus akhirnya siap beroperasi dalam pekan ini. Kereta api buatan PT INKA Madiun tersebut siap melayani kebutuhan masyarakat akan transportasi umum massal yang nyaman dan murah.

Beberapa waktu lalu, permasalahan yang mengakibatkan mundurnya pengoperasian Railbus adalah belum beresnya Berita Acara Serah Terima Operasional (BASTO) Railbus dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI). Namun saat ini BASTO Railbus sudah diterima oleh KAI.

Kepala PT KAI Daops VI Yogyakarta Sinung Tri Nugroho menjelaskan, pihaknya sudah menerima BASTO dari Ditjen Perkereta apian Kemenhub beberapa waktu lalu. “Diharapkan pekan ini sudah beroperasi. Jadi pada saat Lebaran mendatang sudah bisa dinikmati masyarakat,” terangnya saat berlangsungnya Rakor kesiapan Lebaran di Stasiun Balapan, Kamis (2/8).

Meski sudah beroperasi, rute yang dilewati oleh kereta api 3 gerbong tersebut baru Sukoharjo – Solo – Yogyakarta PP. Sementara pihaknya saat ini belum bisa mengoperasikannya sampai dengan Wonogiri karena masih menyiapkan insfrastruktur di sejumlah titik, seperti saluran air dan jembatan yang belum memebuhi syarat untuk dilewati.

Saat ini, PT KAI sedang melakukan koordinasi dengan Pemkab Sukoharjo untuk menyiapkan penjagaan palang pintu yang dilewati Railbus. “Perlintasan kereta api di wilayah Sukoharjo yang sudah ada palang pintunya ada 4 titik. Yang menjadi kendala, dari sejumlah itu belum ada yang menjaganya. Kami sedang berkoordinasi,” terang Humas Daops VI Yogyakarta, Eko Budiyanto.

Menurutnya, Pemerintah Daerah harus bertanggung jawab untuk menjaga pintu perlintasan KA. “Sesuai dengan UU no. 23/2007 tentang Perkeretaapian, Pemerintah yang bertanggung jawab,” terangnya.[redaksi]

error: Content is protected !!