Produksi Penangkapan Ikan WGM Menurun

0 30
Ikan nila hasil tangkapan di WGM | Foto Bagus

infowonogiri.com – WONOGIRI – Penangkapan ikan di Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri mengalami penurunan. Penyebabnya karena cuaca saat ini sedang kurang bersahabat. Angin kencang yang berhembus mengakibatkan gelombang besar di wilayah perairan Bendungan Serba Guna WGM.

Kondisi buruknya cuaca tersebut sudah berlangsung sejak awal puasa ramadhan. Ironisnya, selama bulan suci ini  permintaan ikan air tawar saat ini ini sedang tinggi-tingginya. Karena itu, mengurangi intensitas penangkapan ikan. Angin kencang bisanya terjadi Agustus –September.

Hal tersebut dikemukakan oleh pengurus Kelompok Nelayan Sendang Asri, Sulistianto. “Sejak puasa, anginnya kencang dan ombaknya besar. Kondisi cuaca seperti itu membuat nelayan mengurangi aktivitas penangkapan ikan,” katanya.

ikan patin hasil tangkapan nelayan | Foto Bagus

Sebelum memasuki puasa ramadhan, biasanya nelayan pergi menangkap ikan sampai tiga kali dalam sehari. Kini sejak musim angin kencang mereka hanya sekali dalam sehari. “Biasanya berangkat dini hari. Kalau anginnya kencang, nelayan memilih pulang lagi,” kata Sulistiyanto.

Akibatnya hasil tangkapan nelayan juga menurun. Biasanya, seorang nelayan mampu membawa pulang 10-12 kilogram ikan tawes per hari. Saat ini hanya mampu menangkap sekitar lima kilogram ikan tawes per hari.

Tangkapan ikan jenis jambal hanya 10 kilogram per hari. Nelayan di Wuryantoro dan Baturetno juga mengalami nasib serupa.  Sementara permintaan ikan pada bulan puasa ini justru meningkat. Berapapun jumlah selalu terjual habis. Harga nila tangkapan nelayan Rp 10.000/kg. Ikan jambal Rp 10.000/kg dari nelayan. “Mulai awal puasa lalu sudah banyak bakul-bakul dadakan. Ikan jenis apapun laku,” katanya.

Diperkirakan tingginya permintaan itu akan memuncak di masa lebaran mendatang. Sebab banyak pemudik yang berbelanja ikan. Bahkan, udang dan ikan tongkol harus dipasok dari Pacitan dan Lamongan.[[email protected]]

error: Content is protected !!