Masjid Agung At Takwa Akan Direnovasi Lagi

0 55
 Infak dan shodakoh jamaah masjid At Takwa dikumpulkan untuk merenovasi lantai,
Infak dan shodakoh jamaah masjid At Takwa dikumpulkan untuk merenovasi lantai | Foto Bagus

infowonogiri.com – WONOGIRI – Pengurus Takmir Masjid At Takwa, Jumat (27/7) mengatakan, lantai dua masjid Agung At Takwa Wonogiri akan diganti. Yang semula lantai berbahan tegel akan diganti dengan granit. Alasannya karena tegel tersebut sudah tidak layak. Nat-natannya lebar lebar.

Mualim mengatakan, penyebab nat-natanya lebar lebar, dikarenakan tegel produk gagal. Jika dipaksakan dipasang mepet dengan nat tipis maka tidak nyambung antara satu sama lain. Karena itu kemudian disiasati dengan nat lebar hingga rata rata 1 centi meter.

Mualim mengatakan, saat ini pihaknya telah menganggarkan Rp.50 juta untuk pembangunan lantai dua. Direncanakan pembangunan akan dimulai setelah lebaran haji. Karena itu masih ada kesempatan umat muslim untuk infak dan bersedekah.

Sebelumnya pernah mengganti genting atap masjid, dinding tembok dengan granit, pengecatan, dan berencana membangun pos satpam. Abdul Karim melaporkan, setiap hari Jumat selama bulan puasa rata rata terkumpul Rp.3,2 Juta. Pada hari Jumat selain bulan puasa rata rata Rp.2,3 juta.

Prasasti masjid agung at takwa Wonogiri | Foto bagus

Pemasukan lain adalah dari sewa gedung lantai satu untuk seminar agama, resepsi pernikahan. Tarifnya sehari tamu kurang dari 1000 Rp.500 ribu. Pendapatan dari infak dan sewa gedung dibelanjakan untuk membayar PDAM sekitar  Rp.1 juta. Listrik dan telepon Rp.1 juta lebih.

Satpam dua orang Rp.1,4 juta. Kebersihan ketertiban dan keindahan Rp.300 ribu. Sisanya disimpan di rekening BMT Syam dan BNI Wonogiri. Di lingkungan Masjid Takwa juga terdapat Yayasan At Taqwa. Sebagai syarat paripurnanya masjid, mendirikan sekolah taman kanak kanak (TK). Namun urusan rumah tangga tersendiri.

Sedangkan yang mengatur dan menentukan Imam dan Khatib masjid Takwa adalah Abdul Karim. Jumlah imam dan khatib ada sebanyak 19 orang. Selama Romadhan kegiatan tadarus dilaksanakan setiap malam satu juz hingga pukul 23.00, atau minimal 1 jus.

Ceramah seusai shalat subuh, dhuhur, dan sebelum taraweh. Kegiatan lain buka bersama sebelum shalat magrib. Memasuki sepuluh terakhir puasa Romadhan, takmir menerima zakat mal, zakat fitrah. Puncaknya dilaksanakan shalat id fitri berjamaah di halaman masjid Takwa.[[email protected]]

error: Content is protected !!