Kisah Pemudik dari Jakarta – Wonogiri Ditempuh 4 Hari

0 70
Para pemudik memasuki Wonogiri | Foto Meri

infowonogiri.com – WONOGIRI – Mudik bertemu keluarga merupakan hal sangat di idamkan oleh para perantau pada umumnya.Namun perjalanan mudik bukan hal yang mudah di lakukan karena selain faktor biaya yang sangat mahal juga transportasi yang selalu menjadi kendala.

Lihat saja di sepanjang jalur mudik Pantura misalnya, perantau yang berasal dari JaBoDeTaBek untuk ke jawa tengah maupun jawa timur harus melalui jalur tersebut. Selain banyaknya angkutan umum yang memadati jalanan juga sepeda motor yang  beberapa tahun ini menjadi sarana transportasi favorit di gunakan pemudik untuk mencapai kampong halamannya. Selain biaya murah kendaraan tersebut juga bias di gunakan di kampong untuk wara-wiri.

Namun saking banyaknya sepeda motor menjadikan kemacetan di ruas-ruas jalan penghubung antar daerah tersebut. Bayangkan saja dalam satu menit kendaraan yang keluar dari Jakarta di hari Kamis lalu mencapi ribuan.

Begitu juga yang terjadi di wonogiri hasil pantauan Pos Pelayanan Polisi 02 krisak Kecamatan Wonogiri dalam satu menit bisa mencapai angka ratusan kendaraan. Hal tersebut di benarkan oleh Briptu Renaldo yang saat itu berjaga di pos tersebut, beliau mengungkapkan bahwa Hari pertama Lebaran merupakan puncaknya arus mudik dari luar kota yang memasuki wilayah Wonogiri.

Hal itu juga bisa di lihat di sepanjang jalan krisak yang akan memasuki Wonogiri Kota sangat padat merayap. Namun untuk mengatasi masalah tersebut pihak kepolisian mengambil tindakan dengan mengurai kendaraan serta memanfaatkan bantaran jalan yang bisa di lewati satu persatu kendaraan.

Bahkan Pos Krisak yang merupakan pintu masuk ke Wonogiri kota juga menyiapkan pos  untuk peristirahatan sementara bagi para pengguna jalan. Warto 34Th asal Kec Giriwoyo yang saat itu istirahat saat di temui Tim infowonogiri.com  mengatakan untuk mencapai Kabupaten Wonogiri harus di tempuh selama empat hari dengan kendaraan mobilnya.

‘’ bayangkan saja mas, dari Jakarta Cirebon harus di tempuh selama 8 Jam, Lalu dari Cirebon Tegal Sehari Semalam, belum lagi tegal Semarang juga 24 jam. Kemudian Semarang Ke Wonogiri juga hampir 11 jam karena di karang jati dan salatiga macet sampai 3 jam, ungkapnya.

Beliau juga menambahkan Lebaran kali ini merupakan Lebaran paling sulit karena kamacetan dimana-mana serta banyaknya kendaraan semakin menambah panjang antrian panjang yang sulit di urai.[meri]

error: Content is protected !!