Khusus Bulan Agustus Napi Dapat Remisi Dua Kali

0 34
Sri Haryanto dan stafnya | Foto Bagus

infowonogiri.com – WONOGIRI–Khusus bulan Agustus tahun 2012 ini, narapidana Rutan II B Kabupaten Wonogiri diusulkan mendapatkan remisi (pengurangan masa tahanan) sebanyak dua kali. Selain itu, Napi diusulkan juga untuk mendapatkan remisi hari raya Idul Fitri 1433 H.

Usulan tersebut disampaikan oleh Kepala Rutan Wonogiri Oga G Darmawan melalui Kasubsi Pelayanan Tahanan Sri Haryanto, Rabu (15/8) kemarin melalui telepon. “Usulkan kita sampaikan ke Kanwil Departemen Hukum dan Ham Jawa Tengah,” ujar Sri Haryanto.

Dijelaskan, tahun ini Napoi yang diusulkan mendapatkan remisi ada sebanyak 99 Napi. Dua di antaranya diusulkan langsung bebas Jumat (17/8) mendatang. Di antara 99 Napi yang diusulkan dapat remisi itu, tujuh Napi di antaranya merupakan narapidana kasus korupsi ubi sambung, 36 lainnya merupakan terpidana penyalahgunaan narkoba.

Sedang 54 Napi lainnya merupakan Napi perkara pidana umum. “Kebanyakan mereka juga mendapatkan remisi Idul Fitri,” katanya. Jumlah remisi untuk setiap tahanan bervariasi antara satu bulan hingga tiga bulan. Semua tergantung masa penahanan yang telah dijalani mereka.

“Remisi Hari RI kita usulkan 99 orang. Sebanyak 54 orang kasus pidum (pidana umum), 43 napi khusus narkoba, dan dua napi diusulkan langsung bebas. Napi korupsi ubi sambung yang kami usulkan tujuh orang,” tambahnya.

Mereka yang mendapatkan remisi HUT RI itu, menurut Sri Haryanto juga diusulkan mendapat potongan masa tahanan lagi pada Idul Fitri 19 Agustus mendatang. Dia merinci, ada 84 Napi yang diusulkan mendapat remisi Idul Fitri.

Rinciannya, 51 orang merupakan Napi perkara pidana umum, 31 orang narapidana pidana khusus dan dua orang diusulkan langsung bebas. Rencananya, remisi itu akan diberikan diserahkan oleh Bupati Wonogiri Danar Rahmanto pada upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 67 di Lapangan Rutan 17 Agustus mendatang.

“Itu baru usulan, disetujui atau tidak menunggu jawaban SK dari Kanwil Jateng,” katanya.  Bupati Danar Rahmanto membenarkan dirinya diminta menjadi inspektur sekaligus memimpin penyerahan remisi kepada Napi Rutan Wonogiri.

Danar berpendapat bawha Remisi adalah hak warga Napi, untuk itu diharapkan remisi tahun ini benar benar diberikan kepada yang berhak tanpa pengaruh dan kepentingan apapun. Bagi Napi yang mendapatkan remisi langsung bebas, diharapkan bisa kembali beradaptasi di masyarakat.

“Yang dapat remisi langsung bebas juga saya harapkan bisa menjaga perilakunya agar dapat diterima kembali di masyarakat. Terpenting, tobat, tidak mengulangi lagi perbuatannya,” pungkasnya.[[email protected]]

error: Content is protected !!