Keberangkatan Penumpang Arus Balik Tertunda

0 58
Puluhan penumpang bermalam kantor PO menunggu bus kembali dari Jakarta | Foto bagus

infowonogiri.com – WONOGIRI – Puluhan penumpang arus balik dari Wonogiri menuju ke Jakarta Bogor Depok Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) mengalami penundaan hingga berjam-jam pada H+5 Lebaran. Sedianya penumpang tersebut dijadwalkan berangkat pada Sabtu (25/8) kemarin, namun baru bisa diberangkatkan sehari kemudian, pada Minggu (26/8).

Seperti pantauan infowonogiri.com  pada pukul 02.30 Minggu (28/8) di poll Kantor PO Tunggal Dara, PO dan Gajah Mungkur Sejahtera Ngadirojo terdapat sekira 50 lebih penupang yang belum  diberangkatkan. “Saya datang ke sini (pool) sejak siang 11.00 siang, tapi belum bisa berangkat karena menunggu bus datang,” ujar salah satu penumpang yang mengaku bernama Riyan.

Riyan terpaksa memilih menunggu di kantor garasi PO Tunggal Dara, alasannya karena dia sudah terlanjur pamitan dengan keluarganya. Selain itu dia memilih tidak kembali ke rumahnya, karena rumahnya relatif jauh, yaitu di Gedong Ngadirojo, berbatasan dengan Kecamatan Nguntoronadi.

Beberapa penumpang lain yang rumahnya relatif dekat, memilih pulang ke rumah setelah mengatahui kedatangan busnya molor. Baru kembali ke lagi setelah mendapat informasi jadual keberangkatan bus yang akan ditumpanginya. Harga tiket bus di Ngadirojo dijual Rp.300 ribu. Pada hari biasa hanya Rp.120 ribu. Namun tidak ada keluhan kenaikan harga tiket bus.

Seorang karyawan tiketing di salah satu PO membenarkan telah terjadi penundaan beberapa penumpang bus jurusan Jabodetabek. Bahkan petugas tiketing tersebut juga mengeluh, sebab ia melayani penjualan tiket sejak pagi pukul 08.00 Wib Sabtu sampai  pukul 02.30 Minggu belum pulang. “Saya loh nganti nginep neng kantor, melayani dan menunggu bus datang,” ujarnya.

Non ekonomi tidak dibatasi atas bawah, pengertianya  ditentukan oleh pasar dan tingkat pelayanan. Ac, tv, recleling sit, toilet, snack, makan dan pengantaran. Pelayanan betul-betul prima dan bervariasi. Tetapi juga kemampuan pasar, kalau tidak dibeli yang tidak dijual, kalau bus sedikit. Istilahnya tidak figh tarif, kompetisi pelayanan.

Bus Ekonomi Jawa Sumatra Bali batas atas Rp.139  per orang per penumpang perkilometer (ekonomi). Kalau AKDP Rp.139 perpenumpang per-KM. Belum termasuk jasa raharja. Kalau ada pengaduan akan ditindaklanjuti. Laporkan busnya dan nomor polisinya.[[email protected]]

error: Content is protected !!