H-2 Terminal Lebak Bulus Masih Dipadati Calon Pemudik

0 29
Terminal Lebak Bulus Jakarta | Foto Edy Sutarmun

infowonogiri.com – JAKARTA – Hari ini bertepatan H-2 Lebaran 1433 Hijriah, 17 Agustus 2012 yang bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 67 Tahun, laporan kontributor infowonogiri.com dari Terminal Lebak Bulus mengamati sudah tampak di padati oleh calon pemudik dengan tujuan Jawa Timur, Jawa Barat dan pemudik yang mendominasi adalah tujuan Jawa Tengah.

Pada H-2 hari ini telah di siapkan sebanyak 400 Bus di tambah 110 Bus cadangan yang siap di berangkatkan jika jumlah pemudik mengalami peningkatan, demikian” penjelasan yang di sampaikan Kepala Terminal Lebak Bulus Suarta Sebayang. Seusai melaksanakan upacara bendera peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 67 di halaman kantor DisHub Jakarta Selatan, langsung menuju Terminal Lebak Bulus Jakarta Selatan untuk memantau langsung perkembangan arus mudik dari Terminal Lebak Bulus.

Kemarin H-3 Lebaran yang bertepatan dengan hari pertama cuti bersama yang di perkirakan merupakan puncak mudik, ternyata masih jauh dari perkiraan. Jumlah bus yang diberangkatkan dari terminal Lebak Bulus mencapai 429 bus yang mengangkut 15.084 penumpang. Padahal pada tahun-tahun sebelumnya, jumlah yang diangkut pada hari-hari puncak mencapai 30 ribu hingga 40 ribu penumpang.

Hari ini di siapkan lebih banyak armada Bus untuk mengantisipasi jika hari ini terjadi lonjakan Penumpang. Untuk mengantisipasi terjadinya pelanggaran kamtibmas dan menciptakan suasana aman di lingkungan terminal, telah di buka Pos Pelayanan dan Pengamanan Terminal bekerjasama dengan Kepolisian Resort Jakarta Selatan Sektor Cilandak, dan Dinas Kesehatan Jakarta Selatan untuk mengantisipasi jika ada penumpang yang mengalami gangguan Kesehatan.

Untuk jumlah pemudik yang cenderung menurun di banding tahun-tahun sebelumnya, mungkin di akibatkan banyaknya instansi dan dinas-dinas yang menyelenggarakan mudik bareng. Demikian masih di sampaikan Kepala Terminal Lebak Bulus Suarta Sebayang.

Lain yang di sampaikan oleh Sdr. Misno pemudik tujuan Wonogiri saat wawancara dengan  infowonogiri.com, dia menyampaikan bahwa faktor mahalnya tiket bus yang membuat orang enggan naik Bus. Tiket Bus kelas VIP, di jual Rp. 375.000,- dengan tujuan Wonogiri-Purwantoro.

Apapun penyebab menurunnya minat pemudik menggunakan moda Transportasi bus umum, Semoga musim mudik Lebaran Tahun ini, semua dapat berjalan lancar dan angka kecelakaan di Jalan Raya dapat di turunkan serendah mungkin.

Banyak langkah yang di lakukan untuk menekan angka kecelakaan di Jalan Raya, diantaranya Dinas Perhubungan DKI mensyaratkan kendaraan yang di berangkatkan dari terminal harus laik jalan dan Pengemudi yang bebas pengaruh alkohol dan obat-obatan terlarang, hal ini di lakukan uji test urine terhadap pengemudi secara acak yang di lakukan di terminal-terminal pada masa musim mudik Lebaran Tahun ini.[Edy]

error: Content is protected !!