Di Jaman Merdeka Napi Harus Diperlakukan Manusiawi

0 28
Wakil Bupati Wonogiri Yuli Handoko SE | Foto Bagus

infowonogiri.com – WONOGIRI-Hari ini, Jumat (17/8) telah dilaksanakan upacara HUT Kemerdekaan RI ke 67 Tahun dan upacara Penyerahan Remisi untuk 97 Napi di halaman dalam Rutan Wonogiri. Wakil Bupati Wonogiri Yuli Handoko SE bertindak selaku inspektur upacara.

Sedangkan pesertanya adalah 68 pegawai Rutan II B Wonogiri dan sekira 200 orang narapidana (Napi). Upacara dimulai pukul 07.30 Wib. Wakil Bupati pada kesempatan tesebut membacakan amanat dari Kementrian Hukum dan Ham RI.

Intinya bahwa, pegawai Rutan dan Lembaga Pemasarakatan (Lapas) diminta untuk selalu menjaga diri agar mampu bersikap adil dan memperlakukan para pelanggar hukum secara manusiawi baik narapidana maupun anak pidana.

Napi Wonogiri Upacara HUT RI | Foto Bagus

Selain itu bawha remisi adalah hak pelanggar hukum yang harus diberikan secara gratis, hal itu sesuai dengan UU Nomo 14 ayat 1 tahun 1995 tentang pemasyarakatan. Bawha setiap narapidana berhak untuk mendapatkan pengurangan selama masa menjalani pidana.

Sementara Kepala Rutan Wonogiri Oga G Darmawan melalui Kasi Pelayanan Sri Haryanto melaporkan,  bahwa khusus tahun 2012 ini, Napi Wonogiri mendapatkan remisi dua kali. Remisi HUT Kemerdekaan RI dan remisi Hari Raya Idul Fitri 1433 H.

Tahun ini Napi Wonogiri yang mendapatkan RU (remisi umum) 1 ada 54 Napi RU I sebanyak 54 orang. RU II langsung bebas ada sebanyak dua orang atas nama Wijayanto alias Wiwid dan Anang Widiyatmoko. Sebelumnya Rutan Wonogiri mengusulkan resmisi untuk 99 Napi. [[email protected]]

error: Content is protected !!