Citra Wisata Daerah Dapat Dilihat Saat Lebaran

1 29
Drs Pranoto MM Kepala Dinas Budparpora Kab Wonogiri | Foto Bagus

infowonogiri.com – WONOGIRI – Menjelang lebaran tahun 1433 H ini, Drs Pranoto MM merasa pusing memikirkan Obyek Wisata Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Sebab program yang telah direncanakannya tidak dapat dilaksanakan sebelum lebaran.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Wonogiri pada awal tahun ini telah merencanakan pembangunan sarana dan prasarana di sekitar wilayah obyek wisata.
Antara lain pembangunan jalan, penataan pedagang kaki lima (PKL) di sekitar Obyek Wisata Sendang Asri, dan beberapa program lain yang tidak disebutkannya. “Kita punya rencana membangun jalan untuk mengalihkan arus kendaraan, agar tidak macet saat lebaran,” ujar Pranoto.
Tetapi rencana pembangunan jalan tersebut, sampai saat ini belum dilaksanakan. Usut punya usut, terntata kendalanya ada pad birokrasi. Kendala tersebut adalah RAB belum dibuat, gambar plan juga belum dikerjakan. Sehingga lelang tidak bisa dilaksanakan.
Padahal akses jalan tersebut sangat penting. Jika jalan itu dibangun, maka dapat menjamin tidak akan terjadi kemacetan di sekitar OW WGM. Asal tahu, selama ini satu satunya jalan menuju ke OW WGM selalu macet.
Kemacetan dari Wonogiri kota mulai terjadi Pertigaan Kalpataru sampai pintu masuk OW WGM, sekira 5 KM, dari arah Utara. Sedangkan dari selatan Wuryantoro bisa mencapai 3 KM. “Dulu sudah diputuskan dan disahkan di Dewan, tapi sampai sekarang belum bisa dimulai,” ujarnya.
Menurutnya, SKPD terkait tidak sinergi satu sama lain. Hal itulah yang menyebabkan roda pembangunan terkait sarana prasarana jalan macet. Ini namanya mengandalkan pola lama, birokrasi yang lambat.

Hal tersebut, akan berdampak citra wisata di Kabupaten Wonogiri tidak baik. Salah satu untuk mengukur citra Pemerintah baik atau tidak, dapat diukur pada waktu lebaran seperti ini. “Terus terang mumet saya. Wisata itu menjual citra. Pemudik menilai dari sisi pembangunan wisatanya, ternyata masih seperti yang lama, berarti tidak ada perubahan. Berarti citranya jelek,” tandasnya.[[email protected]]

error: Content is protected !!