Wilayah Rawan Air Bersih Bertambah

0 40
Seorang warga mengambil air di dam yang mulai mengering | Foto bagus

INFOWONOGIRI –  WONOGIRI – Wilayah rawan air bersih di wilayah Wonogiri terus bertambah. Berdasarkan laporan dari Kecamatan Purwantoro ke Kantor Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat, terdapat tiga desa yang rawan air bersih. Hal itu disampaikan oleh Kepala Kesbangpolinmas, Gatot Gunawan melalui Kabid Linmas Suwarso.

Menyikapi laporan tersebut, Pemkab Wonogiri diakui belum memberikan bantuan. Namun Bakorwil II Jawa Tengah mulai pekan telah mengirimkan bantuan. “Bantuan air bersih dari Bakorwil II dimulai sepekan lalu ke Pracimantoro,” ujar Gatot Gunawan tampa menyebutkan jumlah air tangki yang diperbantukan. Pekan ini direncanakan bantuan akan diturunkan ke wilayah timur.

 Hingga saat ini total ada sembilan wilayah Kecamatan dengan 45 Desa/Kelurahan yang tergolong rawan air bersih. Camat Purwantoro, Khamid Wijaya melaporkan ke tiga Desa rawan air bersih adalah Desa Kepyar, Biting, dan Bakalan.

“Setiap kemarau ke tiga desa ini mengandalkan air sumber dari Puhpelem dan Bulukerto melalui pipa gravitasi. Jaringan belum maksimal sehingga air terbatas. Warga juga mengandalkan sumur,” jelas dia.

Meski demikian, ketiga warga desa setempat, tidak sampai membeli air, seperti di wilayah Selatan. Misalnya di Paranggupito, Giritontro dan Pracimantoro. “Kendala hanyalah berkurangnya air dari dua wilayah Bulukerto dan Puhpelem saat kemarau datang. Cukup tapi terbatas,” pungkasnya.[[email protected]]

error: Content is protected !!