USA Meneliti Kesiapan SKPD dan Masyarakat Paranggupito

1 48
Tim peneliti Tsunami dari USA disambut Wakapolres Wonogiri | Foto Bagus

infowonogiri.com – WONOGIRI – Kedutaan Amerika Serikat di Indonesia menerjunkan tim untuk melakukan penelitian di daerah rawan bencana alam dan di daerah bencana alam.

Kabupaten Wonogiri menjadi salah satu obyek penelitian. Lokasi penelitian tepatnya di wilayah Kecamatan Paranggupito. Sebab kecamatan tersebut menjadi wilayah yang paling dekat dengan bibir pantai selatan.

Terkait Pontesi Tsunami Di Pantai Selatan Wonogiri
Di Kecamatan Paranggupito tedapat pantai Sembukan, Pantai Nampu, dan pantai Waru. Berdasarkan informasi yang diperoleh wartawan INFOWONOGIRI dari berbagai sumber mengemukakan, bahwa tim yang diterjunkan oleh Kedutaan Amerika didatangkan dari USA. Nama lembaganya adalah Humanitarian Assstance Planner (HAP).
Tim terdiri dari lima orang. Dua diantaranya bernama Jeff Glick Disaster, Tanner Fleck dan seorang penerjemah, yakni Andre Muda. Kali pertama mereka datang ke Mapolres Wonogiri disambut oleh Wakapolres Kompol Maulud, Kabag Ops AKP Tariyo Polres dan AKP Gunawan SH, Kasat IPP AKP Heru SH mewakili Kapolres Wonogiri AKBP Ni Ketut Swastika SIK.
 Sebelum turun melakukan penelitian di lapangan, tim mendatangi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Wonogiri. Antara lain ke Kantor Kesbangpolinmas, Dishubkominfo, RSUD Soediran Mangun Soemarso (SMS) Wonogiri. Penelitian dimulai hari ini, Senin (9/7) sampai Sabtu (14/7) mendatang.
“Pertama kali tim datang ke Polres untuk kulonuwun (meminta ijin) untuk penelitian. Intinya kantor SKPD juga menjadi obyek penelitian. Bagaimana kesiapan instansi SKPD saat menghadapai bencana alam, dan bagaimana bila menghadapi bencana alam tsunami,” ujar Gunawan mantan Kanitlaka Satlantas Polres Wonogiri ini.
Gunawan menambahkan, bahwa tim tidak hanya meneliti kesiapan sumber daya manusia di masing masing SKPD, tetapi juga meneliti sarana prasarana peralatan yang dimiliki SKPD di Kabupaten Wonogiri. Baru kemudian tim meneliti ke penduduk di wilayah Kecamatan Paranggupito dan sekitarnya.
Wilayah pantai selatan, dianggap menjadi wilayah yang paling berpotensi terkena dampak bencana alam –utamanya- tsunami. Namun Gunawan mengaku belum mengetahui apakah maksud penelitian di Wonogiri, karena tekait akan ada bencana alam tsunami. Tetapi menurut Gunawan, penelitian bertujuan untuk membuktikan terkait kesiapan SKPD di Kabupaten Wonogiri jika terjadi bencana alam tsunami.[[email protected]]

 

error: Content is protected !!