Tunjangan Mantan Kades dan Perangkat Desa Dinilai Tak Layak

0 88
Para Kepala Desa Praja Giri Manunggal | Foto:bagus

infowonogiri.com-WONOGIRI-Tunjangan jasa pengabdian untuk mantan Kepala Desa (Kades) dan mantan Perangkat Desa (Perdes) yang telah pensiun (purnatugas) dinilai tidak layak. Tunjangan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Wonogiri kepadanya dianggap tidak sebanding dengan pengabdian para Kades dan Perdes yang telah bekerja selama 10 tahun.

Hal tersebut dikemukakan oleh sekretaris Paguyuban Perangkat Desa Praja Giri Manunggal Hartono, Selasa (10/7) di DPRD Wonogiri. “Menurut kami, bantuan itu minimal layak, bisa dijadikan sebagai modal setelah tidak lagi menjabat,” ujarnya.

Kades Manjung membeberkan bantuan untuk mantan Kades berkisar Rp 4.320.000 dan mantan Perdes berkisar Rp 2.700.000 per orang. Sedangkan tunjangan untuk mantan Sekretaris Desa (Sekdes) lebih menguntungkan, karena memperoleh Rp 1 juta dikalikan masa kerjanya.

Karena itu Hartono berpendapat Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur hal tersebut harus direvisi. Perda tersebut dinilai membingungkan Kades. “Penghasilan tetap Kades yang dijadikan dasar penentuan tunjangan itu tidak jelas. Seharusnya, penghasilan bengkok dan tambahan penghasilan (Tamsil) dari APBD juga ikut dihitung,” katanya.

Terpisah Kabag Pemerintahan Desa Sriyono Sos MM mengakui tunjangan untuk para Kades dan Perdes memang kurang maksimal. Namun penetapan bantuan tunjangan tersebut sudah berdasarkan ketentuan pemerintah pusat. “Kami akui masih kurang proporsional. Masak tunjangan Sekdes lebih besar dari Kades,” katanya.

Untuk itu, Sriyono akan berusaha mengkaji Perda yang ada, agar kedepannya bisa mengakomodasi harapan para mantan Kades tersebut. Saat ini, tunjangan purnatugas Kades dihitung berdasar gaji terakhir dikali dua tahun, kemudian dikali lagi 20%. Adapun tunjangan purnatugas Sekdes sebesar Rp 1 juta dikali tahun kerjanya, maksimal 20 tahun.

Dengan perhitungan tersebut, penerimaan mantan Sekdes bisa mencapai Rp 20 juta per orang. Sedangkan mantan Kades bisa mencapai Rp 4.320.000 per orang. Tahap pertama tahun ini, Pemkab Wonogiri mencairkan tunjangan purnatugas sejumlah Rp 203 juta. [[email protected]]

error: Content is protected !!