Stock Air Waduk Masih Cukup Untuk Pertanian

0 26
Waduk Gajahmungkur | Foto : Bagus

infowonogiri.com – WONOGIRI – Petani di wilayah hulu seperti di Kabupaten Sukoharjo, Solo, Sragen, Karangganyar dan sekitarnya tidak perlu khawatir. Pasalnya stok air di Bendungan Serbaguna Wonogiri yang lebih dikenal Waduk Gajah Mungkur masih mencukupi untuk mengairi pertanian sampai musim hujan mendatang.

Bahkan debit air Dam Colo Barat akan ditambah mulai Rabu (4/7). Air menuju turbin penggerak generator PLTA juga masih dialirkan. Hal itu dikemukakan oleh Kepala Divisi Jasa Air dan Sumber Air (ASA) IV Perum Jasa Tirta (PJT) I Bengawan Solo, Winarno Susiladi Selasa (3/7) siang.

Winarno mengatakan ketinggian air waduk pada pukul 13.00 WIB, Selasa (3/7) kemarin berada pada 134,05 meter di atas permukaan laut (dpl). Sebelumnya pada pukul 12.00 WIB ketinggian 134,10 meter dpl. Debit di PLTA 29 meter kubik per detik untuk satu turbin menghasilkan daya 6,2 MW.

“Air itu sekaligus untuk memenuhi air untuk pengairan, air minum dan industri di hulu. Air baru akan ditutup per 1 Oktober selama satu bulan untuk pemeliharaan saluran air rutin. Hingga Oktober itu dipertahankan minimal air di waduk pada 128,5 meter dpl,” katanya.

Untuk keperluan irigasi,D dam Colo Barat akan ditambah debit dari empat menjadi lima meter kubik per detik mulai Selasa (3/7) sampai waktu yang belum ditentukan. Untuk Dam Colo Timur tetap dibuka pada 17 meter kubik per detik. Sejak Kamis lalu (28/7)  silam, PJT I melakukan pengerukan sedimentasi di Bendung Colo.

“Untuk sekitar Bendungan Serbaguna Wonogiri rencana lumpur akan dialirkan ke pulau di tengah karena di sisi utara ada pengerjaan spillway,” lanjutnya. Pintu Bendungan sendiri sudah ditutup sejak 8 April 2012 lalu pada ketinggian air 135,59 meter dpl. Diperkiraan cukup hingga musim penghujan jika sesuai hitungan musim.

Kabid Pengairan Dinas Pengairan Energi dan Sumberdaya Mineral, Ngadino mengatakan sesuai perkiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) musim penghujan datang di Wonogiri pada November 2012.[[email protected]]

error: Content is protected !!