Solo Batik Carnival 5 Metamorfosa Meriah

0 27
Pembukaan Solo Batik Carnival 5 di Styadion Sriwedari | Foto : Eko Prasetyo

infowonogiri.com – SOLO – Solo Batik Carnival (SBC) 5 bertema Methamorfosa berlangsung meriah. Iven tahunan kali ke lima itu digelar, Sabtu (30/6) malam di Stadion R Maladi Sriwedari. Opening acara dibuka sekira pukul 20.00 diawali dengan Barongsai Batik dan tarian pembuka kolaborasi Sruti Respati dan Tarian.

Ribuan penonton di dalam stadion disuguhi lagu daerah ilir ilir dan cublek cublek suweng dengan tabuhan gamelan tradisional jawa, SBC diawali dengan pentas fashion carnival kids. Kemudian dilanjut dengan peragaan Fashion Carnival Meta I, II, III dan IV. Para pemeraga SBC keluar dari lorong pintu utama tribun stadion Maladi Sriwedari Solo.

SBC Metha I mengenakan pakian khas batik solo yang didominas warna putih perak yang melambangkan sebagai awal proses pembuatan batik. Mereka menari rancak namun tetap lemah gemulai. Disusul peserta SBC Metha II, yang mengenakan pakian kreasi bathik warna coklat, krem, kuning emas dan tembaga, costum ini mengambarkan proses pemalaman mem-batik.

Di belakangnya secara sambung menyambung keluar peserta SBC Metha III yang mengenakan kreatif warna warni biru hijau pink yang diwarnai sebagai proses perwarnaan membatik. Terakhir barisan SBC Metha IV yang mengenakan kostum yang berwarna merah jreng dan cerah. Ini menggambarkan sebagai hasil karya akhir membatik.

Tepuk tangan meriah dan dan sorak sorai ribuan penonton yang berada di tribun memecah gelap malam disertai sorotan lampu mercuri ribuan watt. Bulan purnama dan bintang bintang di langit menerangi malam menambah keindahan sekitar Stadion. Tidak lama kemudian pengunjung dikejutkan Putri Indonesia 2011 Maria Selena. Gadis berwajah cantik itu kian nampak anggun dengan busana SBC warna perak mengkilap lengkap dengan markotanya.

Penonton pun bergemuruh memadati karpet merah yang membentang dari lorong tribun sampai ke tengah stadiun yang dilewati putri Indonesia itu. Di belakangnya, Putri Indonesia Lingkungan 2011 Lizza Elly pun mendapatkan sambutan yang merih, tak ketinggalan juga Putri Indonsia Pariwisata 2011 Andi Natassa.

Penonton dibuat takjub oleh pesona kecantikan mereka bertiga. Seluruh peserta SBC yang berjumlah ratusan melakukan parade dan permasi parade dengan pementasan tarian kreasi SBC karya anak bangsa. Kemudian sejenak dilanjutkan dengan seremonial pembukaan SBC 5 ini. Antara lain sambutan pembukaan oleh Srut Respati, Wawali Surakarta, Ketua Yayasan SBC, dan Sambutan dari Menteri Elka Pangestu.

Pembukaan SBC ditandai dengan pengibaran dan lambain Gunungan sebagai tanda dimulainya SBC 5 oleh para tamu kehoramatan antara lain dari dirjen menteri pariwisata, dirjen ekonomi kreatif, Dirjen Ekpor Nasional, Wawali dan Ketua SBC. Mentari Elka Pangestu yang tidak hadir secara langsung, bersambut melalui layar lebar yang di pasang di sisi Timur Stadion menghadap ke balkon dan penonton.

Maria Elka Pangestu dalam sambutanya mengatakan ia menyesal tidak bisa hadir. Karena itu ia meminta maaf atas ketidakhadirannya. Secara pribadi dan atas nama pemerintah RI, ia menyambut bahagia dan mengucapkan selamat atasa terselenggaranya SBC 5. Ia berharap para seniman bathim dan perajin bathik Solo kian meningkatkan SBC dan terus mengalami metamorfosa hingga kian kreatif. (.[Eko Prasetyo]

error: Content is protected !!