Sejarah Masjid At Takwa Wonogiri

1 159
Masjid Agung At Takwa Wonogiri | Foto Bagus

infowonogiri.com -WONOGIRI – Di Ibu Kota Kabupaten Wonogiri, terdapat sebuah masjid yang cukup besar. Namanya masjid Takwa Wonogiri. Jika dibandingkan dengan masjid-masjid lain di 25 Kecamatan se Wonogiri, maka masjid Takwa bisa dibilang terbesar di kota gunung batu ini.

Masjid Wonogiri Adalah Hadiah Dari Mangkunegaran.

Sejarahnya, Masjid Takwa berdiri sekira-kira tahun 1927. Berarti saat ini telah berusia 85 tahun. Berdasarkan data dari literatur Ikatan Haji Oemar Soleh (IKHOES), masjid Takwa Wonogiri adalah sumbangan dari Keraton Mangkunegaran Surakarta.

Waktu itu mangkunegaran memberikan hadiah untuk masyarakat muslim Wonogiri dua masjid. Satu masjid didirikan di Wonogiri, yaitu masjid Takwa. Satu masjid didirikan di Purwantoro, perbatasan dengan Kabupaten Ponorogo Jawa Timur.

Masjid Takwa Wonogiri terletak di Kota Kabupaten (berbatasan dengan Kabupaten Sukoharjo), hanya dibatasi satu wilayah yakni Kecamatan Selogiri. Di sekitar masjid terdapat alun alun Giri Krida Bhakti Wonogiri dan gedung perkantoran Pemda Wonogiri.

Antara lain, di sisi selatan terdapat Pendopo Rumah Dinas Bupati, kantor BKD Sekda Pemda Wonogiri. Di sisi timur, di sebarang jalan melingkari alun-alun ada kantor DPRD II Wonogiri, KUA Wonogiri Kota, Wisma Kementrian Agama, dua gereja, kantor PKPN dan Losmen.

Di sisi utaranya, ada kantor Pengadilan Agama, di sebarang jalan raya Diponegoro ada kantor Kecamatan Wonogiri Kota, KPPT, Agraria (BPN), halte Agraria dan SDN 1. Di sisi barat ada Kantor BRI, Rumdin Sekda yang saat ini ditempati oleh Wakil Bupati Yuli Handoko SE, dan beberapa kantor lain.

Lokasi Masjid Agung At Takwa Wonogiri sangat mudah di jangkau dari berbagai arah, baik dengan kendaran pribadi maupun kendaraan umum. Sebab letaknya berada di titik tengah jalur lalulintas dari berbagai arah.

Dari arah timur, jalur bus Purwantoro, Ponorogo Jatim, Giriwoyo, Pacitan Jatim. Dari arah selatan, jalur bus Pracimantoro dan Manyaran, serta Wonosari Gunung Kidul DIJ. Dari arah Barat tenggara dilalui bus Sukoharjo Karanganyar dan Solo.[bersambung][[email protected]]

error: Content is protected !!