Pengembang, Memang Belum Berijin Tapi Tak Melanggar

0 44
Lokasi perumahan ditinjau oleh Perhutani | Foto Bagus

infowonogiri.com – WONOGIRI –  Terpisah, Budi Rusnanto menyatakan tidak ada pelanggaran yang dilakukan dirinya maupun Wahyu selaku pengembang. Sejarah tanah yang dibangun adalah SHM. Bukan tanah negara. Akses jalan yang menuju perumahan milik Perhutani. Akses jalan sudah ada sejak lama. Berukuran lebar 6-8 meter dan panjang 800 meter.

Akses jalan tersebut semula tampak sempit. Karena tidak pernah dirawat. Sebagian jalan tertumput rimbunan rumput liar. Selokannya juga tertimbun tanah. Saat ini tampak lebar karena disiangi dan dibuatkan selokan. “Sebelumnya sudah ada selokan. Tapi tertutup. Kini dibuatkan dan dibersihkan jadi tampak lebar,” ujar Budi.

Jalan tersebut merupakan batas anak petak. Semua anak petak berukuran hampir sama. Jalan anak petak itu untuk kepentingan lalulintas kendaraan muatan kayu hutan. “jadi tidak ada yang salah, karena tidak ada satupun pohon yang ditebang,” ujar Budi.

Kalaupun memotong akar pohon dan menggali parit. Hal itu tidak menyebabkan pohon mati. Soal perijinan tertulis, Budi mengakui belum menerima. Proses perijinan menurutnya harus diajukan ke Menteri Kehutanan RI atas nama badan usaha/lembaga.[[email protected]]

error: Content is protected !!