Pendidikan Anak Harus Dikerjakan Bersama Sekolah dan Keluarga

0 97

infowonogiri.com –  WONOGIRI – Menjelang dimulainya tahun pelajaran baru 2012-2013, Yayasan Pendidikan Islam Terpadu Al Huda Wonogiri menyelenggarakan seminar pendidikan, Sabtu (14/7) di aula Yayasan Al Huda Kerdukepek Giripurwo Wonogiri.

Seminar diperuntukan kalangan terbatas itu diikuti khusus walimurid ayah atau ibu kelas satu Sekolah Dasar (SD) Islam Terpadu. Jumlah pesera ada 99 wali murid. Hadir seorang pemateri adalah Ustz Wuryanti. Dia didampingi wali kelas I A Erminawati, Heti Wulandari I B dan Siti Hamidatun I C.

Tema yang disampaikan adalah tentang “Kerjasama antara sekolah dan keluarga dalam mendidik anak anak sekolah”. Intinya bahwa, mendidik anak tidak akan mencapai kesuksesan jika hanya diserahkan kepada guru saja, atau pihak sekolah. Namun perlu dukungan dan kerjasama antara sekolah dengan orang tua.

Jika mendidik anak hanya diserahkan kepada salah satu pihak saja, maka hasil pendidikan tidak maksimal, bahkan berpeluang gagal. “Orang tua, ayah atau ibu adalah figur dan guru bagi anak-anaknya di rumah. Orang tua cukup banyak kesempatan untuk membentuk kepribadian anak,” katanya.

Karena itu pada kesempatan tersebut, pemateri menandaskan sebaik apapun pendidikan di sekolah jika tidak dimatangkan dalam lingkungan keluarga dan di masyarakat maka tidak akan menghasilkan anak yang sholeh. Sebab sesungguhnya anak yang sholeh-hah terbentuk oleh lingkungan yang baik dan kondusif.

Pemateri mengajak agar para wali murid mau bekerja sama dengan para guru SDIT Al Huda untuk menjadikan anak anak menjadi pribadi yang berkarakter. Landasan filosofi adalah ‘Abid QS 51;56, Ulul Albab QS 191;192, Khalifah 1;31 serta dzikir dan fikir.

Yayasan Pendidikan Islam Terpadu Al Huda menjadi salah satu alternatif masyarakat muslim diWonogiri. Beski belum ada 10 tahun berdiri, naëmun dapat menjaring jumlah siswa cukup banyak, dengan kualitas baik.

Meski belum ada 10 tahun berdiri, naëmun dapat menjaring jumlah siswa cukup banyak, dengankualitas baik. Jumlah total siswa SDIT mulai kelas satu sampai kelas enam ada sebanyak 489. Rinciannya kelassatu  99 siswa, kelas dua (95), kelas tiga (76), kelas 4 (76), kelas 5 dan enam (143).  Jumlah guru dan karyawan ada 31 orang.

Masuk tahun peajaran baru dimulai Senin (16/7). Kini Yayasan Alhuda telah memiliki SMP dan SMK Al Huda.[[email protected]]

error: Content is protected !!