Pasang Sesajen , Dua Rumah Terbakar

0 36
Tempat Kejadian Perkara kebakaran di Giripurwo | Foto bagus

infowonogiri.com – WONOGIRI – Kebakaran terjadi di Rumah Bambang Sujoko (47) karyawan pemasaran PT Air Mancur di wilayah Jawa Timur. Warga Jl Pisang No 18, RT 01 RW 11 Kajen Kelurahan Giripurwo Wonogiri Kota. Saksi Dwi Hastuti (35) istri Bambang Sujoko, Ny Mijo Harjo Wiryono (82), mbah Broto Prasetyo (65).

Kejadian pukul 21.50 WIB Jumat (20/7). Kronologisnya, kali petama diketahui api telah membakar hampir sebagian rumah Broto. Hanya beberapa saat kemudian api membakar rumah Bambang Sujoko yang bersebelahan dengan rumah Broto. Saksi berteriak meminta tolong. Warga berdatangan memadamkan api dengan peralatan seadanya namun gagal.

Kerugian ditaksir mencapai Rp.200 juta.

Api baru padam setelah satu unit mobil pemadam kebakaran datang menyiramnya. Namun api telah membakar sebagian kedua rumah tersebut. Dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa. Karena lima orang yang berada di rumah tersebut berhasil menyelamatkan diri. Sedangkan Bambang Sujoko sedang berada di Surabaya.

Namun kerusakan akibat kebakaran tersebut cukup parah. Kerugian ditaksir mencapai Rp.200 juta. Saksi saksi melaporkan, sebelum terjadi kebakaran, Dwi Hastuti dan kedua anaknya berada di rumah. Dwi tidur di kamar bersama Rifa Aurin Fawas Nawar (5). Sedangkan Paquita Odelia Kusuma Wardani alias Tata (11) tidur di ruang tamu, depan TV.

Kali pertama api muncul dari dalam rumah Broto yang berada di sisi selatan rumah Bambang Sujoko. Karena tidak berhasil dipadamkan api merembet membakar rumah Bambang Sujoko yang berada di sisi utara rumah Broto. “Sebelum sempat membakar rumahku, saya sudah terbangun berteriak meminta tolong,” tutur Dwi Hastuti.

Menurut Dwi Hastuti penyebab kebakaran diduga dari api lilin yang dinyalakan dan diletakkan di atas buffet. “Mbah membuat sawisan sesajen dan menyalakan lilin. Lilin ditelakktan di atas buffet. Kemungkinan api membakar tumpukan kasur-kasur yang tidak terpakai. Lalu merembet ke bangunan rumah, sebelumnya saya sudah mengingatkan tetapi tidak diperhatikan,” kata Dwi hastuti.

Rumah tersebut menurut, Siti Rahayu (52) kerabatanya belum lama selesai dibangun. Kedua rumah terbakar adalah milik sekeluarga.Kapolres Wonogiri AKBP Ni Ketut Swastika SIK, Kasat Reskrim AKP Sukirwanto dan Kasat Intelkam AKP Heru SH datang ke lokasi kejadian memimpin anggotanya melakukan olah TKP. Namun belum ada keterangan resmi dari pihak kepolisian, terkait apa penyebab kebakaran tersebut. Polisi telah memasang police line kedua TKP tersebut.[[email protected]]

error: Content is protected !!