Operasi Pasar Belum Diperlukan

0 33

infowonogiri.com –  WONOGIRI –  Meskipun harga barang-barang sudah menunjukkan kenaikan, namun operasi pasar belum perlu dilakukan. Untuk mengantisipasi lonjakan harga, Pemkab cukup mengantisipasinya dengan mengadakan pasar murah.

Kepala Kantor Ketahanan Pangan (KKP) Wonogiri, Ir Safuan mengatakan, pasar murah telah digelar di dua tempat, baru-baru ini. Yakni di Kelurahan Gesing, Kecamatan Kismantoro dan Desa Gambirmanis, Kecamatan Pracimantoro. “Pasar murah itu diadakan sebagai persiapan mengantisipasi kenaikan harga menjelang Ramadhan,” katanya.

Dia mengungkapkan, dua desa itu dipilih karena jumlah keluarga miskinnya cukup banyak. Jumlah keluarga miskin di kedua desa itu masing-masing sekitar 700 keluarga. “Tujuannya agar beban masyarakat lebih ringan menghadapi kenaikan harga,” imbuhnya.

Dalam pasar murah itu, setiap desa diberi jatah 1.800 paket sembako. Setiap paket berisi dua kilogram beras, satu kilogram minyak goreng, dan satu kilogram gula pasir. Satu paket dijual seharga Rp 25.000. “Pemkab menyubsidi sebesar Rp 12.700 per paket, sehingga masyarakat cukup membeli seharga Rp 25.000 saja,” terangnya.

Pasar murah itu hanya diadakan menjelang Ramadhan. Adapun menjelang lebaran mendatang belum ada rencana untuk menggelar kegiatan serupa.

Menurutnya, kenaikan harga saat ini belum perlu ditindaklanjuti dengan operasi pasar. Selama ini, operasi pasar baru diadakan beberapa kali. Yakni operasi pasar minyak goreng dan gula pasir yang diadakan pemerintah, beberapa tahun lalu.

Sementara itu, stok beras di gudang Bulog Wonogiri masih aman, cukup hingga Januari 2013 mendatang. “Stok beras sangat cukup. Bahkan, gudang Bulog sampai Tidak muat. Yang  tidak  termuat dikerjasamakan dengan pihak luar,” katanya.

Di sisi lain, anggota DPRD Wonogiri, Abdullah Rabbani berharap pemerintah segera menggelar operasi pasar. Tujuannya untuk meringankan beban masyarakat Wonogiri atas kenaikan harga kebutuhan pokok. “Tetapi harus dikelola dengan baik agar merata dan tepat sasaran. Tidak dimanfaatkan orang yang ingin cari keuntungan pribadi,” pintanya.[[email protected]]

error: Content is protected !!