Luweng Pomahan diusulkan di Sedot

0 43
Warga Pracimantoro mulai mengangsu seperti biasanya saat kemarau tiba | Foto : Bagus

infowonogiri.com – WONOGIRI – Luweng (saluran bawah tanah) di Dusun Pomahan, Desa Petirsari, Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri diperkirakan mengandung sumber air. Prediksi itu diperoleh saat tim Dinas Pengairan Energi dan Sumber Daya Mineral (PESDM) Wonogiri menyurvei lokasi tersebut, Senin (2/7).

Kabid Geologi Air Bawah Tanah dan Energi Dinas PESDM Wonogiri, Eka Septaningsih didampingi Kasi Geologi dan Air Bawah Tanah, Siti Nurul  Husna mengemukakan Luweng itu berada 277 meter dari permukaan laut (dpl). Indikasi tanda-tanda visual adanya kabut atau uap air yang keluar dari mulut Luweng.

“Ada tanda-tanda kabut. Mungkin ada sungai bawah tanah yang arusnya deras. Mungkin malah terdapat air terjun di bawah tanah,” kata Nurul. Namun Tim belum bisa memastikan keberadaan air itu. Sebab, alat pendeteksi geolistrik tidak bisa digunakan pada penampang tanah yang sempit. Geolistrik butuh bentang permukaan yang luas.

Selain itu, perlu penelusuran gua untuk memastikan adanya air. Beberapa waktu lalu, pemerintah desa setempat pernah mendatangkan orang untuk menuruni Luweng. Namun belum mencapai dasarnya meskipun telah masuk sedalam 80 meter. “Kami siap meminjamkan tali (caving) sepanjang 150 meter agar bisa turun ke dasar. Semoga ada potensi air di sana,” katanya.

Jika potensi air dipastikan ada, tim akan mengusulkan ke Pemprov Jateng dan Pusat agar bisa dimanfaatkan. Kepala Desa Petirsari, Budiyanto mengatakan, warga setempat telah bekerja bakti membuka Luweng yang tersumbat, beberapa bulan lalu. Para sesepuh desa mengungkapkan adanya air di dalam Luweng. Harapannya air bisa disedot untuk kebutuhan warga.[[email protected]]

error: Content is protected !!