Investor Tanaman Jarak Tutup Kantor Cabang Wonogiri

0 26
Tanaman Jarak | Foto infowonogiri.com

infowonogiri.com – WONOGIRI – PT Jatropha Green Energy (JGE) menutup kantor perwakilannya di Wonogiri. Investor tersebut bekerjasama dengan Pemkab Wonogiri dalam rangka budidaya dan pembelian biji jarak pagar. Kantor JGE  telah memindahkan kantornya ke Wonosari, Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Pemda Wonogiri melalui Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) berencana mendatangi kantor JGE di Gunung Kidul untuk memastikan komitmen yang telah disepakati bersama. Kepala Dishutbun Wonogiri Sri Djarwadi mengatakan penutupan kantor perwakilan PT. JGE di tepi jalan raya Ngadirojo-Wonogiri dilakukan sebulan lalu.

Sri Djarwadi menegaskan penutupan kantor itu bukan berarti JGE kabur dan ingkari kesepakatan dengan Pemkab Wonogiri. Tetapi dilakukan demi efisiensi operasional kantor di Wonogiri dan di Gunung Kidul. “Secara lisan mereka tetap komitmen dengan kesepakatan. Yaitu membeli biji jarak yang dipanen petani,” kata Sri Djarwadi (3/7) siang.

Kabid Perkebunan Dishutbun Tugiyo menambahkan pihaknya akan segera ke kantor JGE sebelum bulan puasa tiba. “Sebenarnya, komitmen pembelian jarak oleh Jatropa tidak mengikat petani kok. Kalau memang harga di pasar lebih tinggi, petani diizinkan menjual biji jarak ke pasar bebas. Meski bibitnya merupakan bantuan dari Jatropa,” tambah Tugiyo.

Terpisah Hartoyo, perwakilan PT. JGE mengatakan penutupan kantor perwakilan di Wonogiri bukan berarti pihaknya mengakhiri kerjasama dengan Wonogiri. Perusahaannya tetap akan membeli biji jarak panenan petani. Menurut penutupan kantornya semata-mata untuk efektivitas kerja.

Kantor di Wonogiri menurutnya untuk pengawasan pembibitan. Saat ini tidak ada lagi pembibitan di Wonogiri. Karena petani sudah tidak menerima bibit lagi disebabkan petani sudah menanam 3 juta batang. Sehinga pegawai dan peralatan kantor JGE pindahan ke Gunung Kidul. “Kami tetap siap membeli biji jarak dari petani Wonogiri,” katanya.

Asal tahu akhir tahun 2011 lalu, Pemkab Wonogiri teken MoU dengan PT. JGE untuk budidaya jarak pagar di lahan-lahan tidur di Wonogiri. JGE memberi gratis 5 juta bibit jarak ke petani. Panennya akan dibeli PT.JGE yang berkantor pusat di Kudus, Jateng. Bibit jarak pagar tersebut ditanam di Kecamatan Paranggupito, Giritontro, Pracimantoro, Nguntoronadi, Batuwarno, Wuryantoro, Wonogiri, Ngadirojo dan Eromoko.[[email protected]]

error: Content is protected !!