Enam SD Gagal Mendapatkan Siswa Baru

0 30
Camat Selogiri Bambang Haryanto tengah berbincang dg siswa SD di Selogiri | Foto Bagus

infowonogiri.com – WONOGIRI – Sebanyak enam Sekolah Dasar (SD) dari 833 SD/MI Negeri dan Swasta di Kabupaten Wonogiri gagal menjaring murid baru di tahun pelajaran 2012/2013 ini. Adalah SDN 3 Mlokomanis Kulon Kecamatan Ngadirojo, SDN 3 Boto (Jatiroto), SDN 2 Kepatihan (Selogiri), SDN 2 Pelem (Wonogiri), SDN 2 Balepanjang (Jatipurno) dan SDN 3 Talunombo (Baturetno).

Kepala Dinas Pendidikan Siswanto melalui Kabid Pendidikan TK/SD Sri Mulyati mengemukakan, keenam SD tersebut –sebagian direncanakan diregrouping (penggabungan) dengan SD lain pada tahun ini. Namun sekolah tersebut tetap menerima pendaftaran tahun pelajaran 2012/2013.

“Sebagian direncanakan akan diregrouping. Meskipun tidak mendapat murid pada tahun ini, semua SD tadi tetap membukan pendaftaran untuk murid baru. Khusus SDN 2 Pelem, nantinya jika ada penerimaan siswa di tahun depan maka murid otomatis dipindah ke sekolah tujuan yang digabung,” katanya, Rabu (18/7).

Mulyati mengatakan, kondisi kekurangan siswa tersebut disebabkan karena minimnya anak usia SD di wilayah setempat. Selain itu disebabkan karena orang tua yang lebih memilih ke sekolah terdekat lainnya. “Persaingan antar sekolah dalam hal peningkatan sarpras juga terjadi, dan itu menjadi sebab juga,” katanya.

Terpisah Kepala Sekolah SDN 3 Mlokomanis Kulon, Edi Purwoto mengatakan di sekolahnya sudah dua tahun belakangan gagal mendapatkan siswa baru. “Tahun lalu tidak dapat siswa baru, tahun ini juga. Jadi kelas I dan II saat ini kosong tanpa murid. Meski begitu kami tiap tahun tetap buka pendaftaran,” jelasnya. Direncanakan tahun 2012 ini akan ada penggabungan sebanyak 11 SD di Kabupaten Wonogiri.[[email protected]]

error: Content is protected !!