Dikira Maling Menjadi Korban Salah Sasaran Masa

0 37

infowonogiri.com – BATURETNO – Orang gila (orgil) menjadi korban salah sasaran pengeroyokan warga yang sedang maling di Desa Boto, Kecamatan Baturetno, Senin malam (9/10) lalu. Orgil tersebut baru diketahui setelah diserahkan ke polisi.

Ironisnya tiga jam setelah penangkapan orgil berjenis kelamin pria tersebut, justru tejadi pencurian di wilayah lain di Desa setempat. “Warga selalu jaga malam setelah terjadi pencurian maling ayam. Tadi malam ada kandang ayam yang dimasuki orang. Pelaku kabur. Warga mengejarnya. Warga berhasil menangkap orang yang bersembunyi di makam. Ternyata orang gila,” kata Supar Kepala Desa Boto.
Kapolsek Baturetno AKP Sarno melalui Kanitreskrim Iptu Riyono mengemukakan, pria yang ditangkap masa dan diserahkan ke polisi itu terindikasi sakit jiwa. Pria tersebut tidak diketahui identitasnya itu, biasa mangkal di perempatan Baturetno.
Awal penangkapan Orgil itu bermula ketika ada titir kentongan tanda bahaya terjadi pencurian di timur Dusun Gamping. Dari rumah warga yang sedang sepasaran bayi berhamburan mencari maling dari arah timur. Warga Dusun Tugurejo juga turut mencari.
“Yang bagian timur mengejar ke barat. Dari barat mengejar ke timur. Di kuburan selatan Dusun Belomati, menangkap orang yang bersembunyi di makam. Orang itu mencoba lari. Karena dicurigai orang itu ditangkap. Orang itu dipukuli tidak mempan. Rambutnya dibakar juga tidak menyala. Karena itu kita serahkan ke polisi,” katanya.
Sebelum polisi datang, warga menelanjangi pria itu. Dari dalam celana orang itu, ditemukan sabuk jimat yang kemudian dibakar. Saat diinterogasi warga, pria itu mencla-mencle. Malah mengucap “Matur nuwun, Pakdhe”. Warga kembali emosi dan menghajarnya kembali. Baru diserahkan ke polisi.
Merasa berhasil menangkap maling yang selama dua pekan terakhir merasahkan, warga pun pulang. Tapi, belum sampai tertidur lelap, dari arah barat Desa Boto terdengar kentongan tanda pencurian lagi. Warga keluar mengejarnya lagi. Namun pelaku menghilang di kebun tebu.
Sekedar info, warga Desa Boto sejak dua pekan terakhir dihebohkan dengan maling ayam. Bahkan terkesan pelaku menebar teror setelah satu temannya ditangkap warga. Seorang tukang ojek pernah dipukuli pria penebar teror itu. Selain itu, warga yang sedang mengintai pernah dilempari batu.[[email protected]]
error: Content is protected !!