Bersiaplah Pertahankan Adipura

0 31
Bupati Wonogiri saat sambutan soal Adipura yang diraihnya tahun 2012 | Foto Bagus

infowonogiri.com -WONOGIRI – Tahun 2012 ini, Kabupaten Wonogiri baru saja meraih penghargaan Adipura sebagai Kota Kecil Terbersih se Indonesia. Namun jangan harap tahun depan, akan bisa meraih lagi, jika masyarakat dan pemerintah tidak bekerja sama untuk mempertahankannya.

Apalagi penilian tahun 2013 berbeda dengan penilian pada tahun 2012 ini. Penilaian pada tahun 2012 lebih banyak ditentukan titik titik pusat keramaian dan ruang publik. Seperti kebersihan, keindahan, kerapihan dan estetika di pusat pusat keramaian pasar, kantor, sekolah, di jalan dan lain lain.
Penilian Adipura tahun 2013 berbeda
Sedangkan pada tahun yang akan datang bocorannya, penilaian tidak hanya di pusat keramaian dan ruang publik. Namun juga akan dinilai di semua wilayah dan bidang. Misalnya menilai pada bidang pengendalian terhadap pencemaran air (sungai, drainase) udara, penilaian dan penghijuan.
Karena itu Bupati Wonogiri H Danar Rahmanto meminta pemerintah dan masyarakat bekerja keras untuk mempertahankan Adipura yang telah diraihnya. Bupati berharap tahun depan bisa meraih penghargaan Adipura Kencana. “Wilayah geografi juga dinilai. Antara lain daerah datar, perbukitan, saluran air dan penghijuan,” kata Bambang Haryadi, Asisten II Setda Bidang Kesra di Graha Personalia Badan Kepegawaian Daerah, kemarin.
Menurutnya, ruang terbuka hijau minimal harus 20 persen dari luas wilayah. Wonogiri belum bisa mencapai prosentase tersebut. “Untuk mendapat Adipura Kencana tidak perlu empat kali mendapat Adipura berturut. Asalkan memenuhi kriteria, bisa langsung dapat Adipura Kencana,” lanjutnya. Penilaian tahun depan dilakukan dua tahap. Tahap pertama Agustus-September dan tahap kedua Januari-Februari. [[email protected]]
error: Content is protected !!