Tujuh Kecamatan Di Wonogiri Potensi Perkebunan Teh

0 221
Wilayah Slogohimo yang layak menjadi perkebunan teh | Foto Bagus

infowonogiri.com –  WONOGIRI – Tujuh Kecamatan di Kabupaten Wonogiri berpotensi untuk dijadikan investasi perkebunan teh. Yaitu di Kecamatan Girimarto, Slogohimo, Bulukerto, Puhpelem, Kismantoro, Jatiroto, Tirtomoyo dan Karangtengah. Geografis ke tujuh kecamatan tersebut menunjang untuk perkebunan teh karena tergolong dataran tinggi 600 meter di atas permukaan air laut (dpl).

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Sri Djarwadi melalui Kabid Perkebunan Tugiyo mengatakan kendala utamanya belum ada petani yang tertarik karena tidak ada investor yang masuk ke Wonogiri. Juga belum tahu kemana memasarkan daun teh jika panen berhasil. “Merawat tanaman teh cukup mudah. Lebih mudah karena yang dipanen daunnya bukan buah,” katanya.

Tetapi, menurut Tugiyo kendala utama pada penjualan. “Itu sebabnya yang masih banyak ditanam petani adalah janggelan, cengkeh, coklat, vanili, lada, karet, tembakau,” katanya Minggu (24/6) kemarin. Dalam sebulan daun teh bisa dipanen tiga hingga empat kali. “Perawatannya pemangkasan pemupukan dan menyiangi rumput,” terangnya.

Secara teknis Dinas siap untuk membantu jika memang ada yang tertarik. Bantuan bibit dapat didapat melalui Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. “Tanaman teh juga mampu bertahan terhadap serangan hama,” lanjutnya. Harga jualnya pun menurutnya tidak kalah dengan harga janggelan yang kini menjadi primadona di wilayah pegunungan Wonogiri. [[email protected]]

error: Content is protected !!