Tahun Ajaran Baru Pegadaian Tembus Rp 17 Miliar

0 28
kantor Pegadaian | Foto : Bagus

infowonogiri.com – WONOGIRI – Menjelang tahun ajaran baru, jumlah masyarakat yang menggadaikan barang terus meningkat. Diperkirakan perningkatan akan terus berlangsung hingga bulan Agustus bahjkan sampai Lebaran mendatang. Barang yang digadaikan hingga Selasa (26/6) ke kantor Pegadaian Unit Pelayanan Cabang Wonogiri mencapai Rp 17.028.266.000.

Laporan tersebut dikemukakan oleh Pimpinan Cabang Pegadaian Wonogiri, Sardiyono, Rabu (27/6). Pencapaian tersebut lebih tinggi dibanding tahun lalu. Pada periode yang sama 2011 lalu, nilai yang digadaikan mencapai Rp 15.193.273.000. “Kenaikan mencapai 13% lebih dibanding tahun lalu. Tren kenaikan terjadi hampir setiap tahun,” ujarnya.

Dijelaskan, kebiasaan masyarakat Wonogiri, pada umumnya jika akan memasuki kenaikan kelas, atau tahun ajaran baru, wali murid membutuhkan uang untuk melunasi uang sekolah, pengumuman kelulusan, dan daftar ulang, bayar uang gedung, belanja pakaian sekolah, buku, sepatu tas dan alat sekolah dan sebagainya.

Sardiyanto memerkirakan lonjakan akan terjadi sekitar akhir Juli hinga Agustus mendatang. “Biasanya puncaknya akhir Juli atau Agustus. Apalagi berbarengan bulan puasa ramadhan dan lebaran,” katanya. Barang yang digadaikan antara lain perhiasan emas, barang gudang seperti sepeda, dan barang elektronik.

Pegadaian Wonogiri ditarget mampu menyalurkan Rp 44.612.920.000. Sardiyanto yakin pihaknya akan mampu mencapai target tahunan yang ditentukan pusat. Asal tahu, barang yang digadaikan di Unit Pelayanan Cabang Wonogiri selama bulan Mei mencapai Rp 3.081.740.000.

Di sisi lain barang gadaian yang tidak tertebus kembali jumlahnya sedikit. Kurang dari 1%. “Barang yang tidak tertebus karena nasabahnya sedang merantau ke luar daerah, sehingga tidak sempat menebus barang yang digadaikan. Kita hubungi dulu, kalau tidak bisa menebusnya, baru dilelang,” katanya.[[email protected]]

error: Content is protected !!