Sebongkah Asa di Perbukitan Batu Sendang

0 64
Tambang Batu Sendang | Foto : Ida
Tambang Batu Sendang | Foto : Ida

infowonogiri.com-WONOGIRI-Teriknya matahari siang ini, Jum”at(01/06) tidak menghentikan lengan-lengan perkasa para penambang batu di Sendang, Wonogiri terus menaklukkan inchi demi inchi kerasnya batu di tambang batu Sendang.

Sebuah pemandangan yang menakjubkan dan sekaligus mengundang kekhwatiran, para laki-laki tangguh dari Desa Prampalan, Sendang, Wonogiri tanpa rasa takut mendaki tebing batu setinggi sekitar 50 meter dan kemudian melakukan kegiatan menambang di tebing-tebing tejal di bukit batu tersebut. Dengan modal palu, pahat, dan keberanian besar mereka bekerja sepanjang hari demi memperoleh batu dengan kualitas terbaik yang bisa mereka jual sebagai tambahan mencukupi kebutuhan rumah tangga mereka. Satu lokasi dikerjakan oleh satu sampai dua orang penambang.  Hasil penjualan jika nantinya laku akan dibagi dua.

Tidak setiap hari hasil galian mereka ada yang membeli, bahkan kadang mereka harus menunggu pembeli satu minggu untuk bisa menjual hasil galian mereka. Hasil batu yang telah ditambang/digali ini biasa dipakai untuk bahan bangunan, para pembeli datang langsung ke lokasi penambangan tanpa ada pemesanan terlebih dahulu, jika memang ada para penambang akan bergotong-royong untuk memenuhi jumlah pesanan yang diinginkan.

Tambang Batu Sendang | Foto : Ida
Tambang Batu Sendang | Foto : Ida

Hasil Tambang batu ini dijual per rit, untuk satu rit-nya dijual dari harga 100ribu sampai 120ribu. Harga tersebut tentu tidak sebanding dengan perjuangan sebagai nyawa jadi taruhannya. Sewaktu-waktu bukit batu itu bisa saja longsor, belum lagi dengan keadaan yang terjal ada penambang yang menambang di bagian bawah dan di atas bukit tentunya dengan bekerja tanpa adanya pengaman satu pun yang mereka gunakan hal ini akan sangat membahayakan jiwa para penambang.

Hasil penjualan tersebut masih dibagi dua jika penambangan dilakukan berdua. Dengan hasil seperti tadi para penambang memutuskan untuk tetap mempunyai pekerjaan sambilan lain seperti tani, berdagang, dan lain-lain.Seperti yang diungkap oleh salah satu penambnag bernama Sukidi “ Ya begini ini keadaannya, kalau tidak kami kerjakan kebutuhan rumah tangga kami bagaimana, pasrah saja kepada Tuhan” ujarnya dengan peluh yang membasahi seluruh tubuhnya.

Harapan dari penambang ingin hasil tambang mereka bisa dibantu dipasarkan oleh pemerintah Kabupaten Wonogiri, atau bantuan alat pengaman saat menambang. Jika saja kawasan ini bisa benar-benar dikelola baik, tidak hanya ekonomi rakyat yang terbantu tapi kawasan ini bisa saja jadi kawasan wisata karena banyaknya para fotografer yang menjadikan tempat ini sebagai objek foto mereka.[[email protected]]

error: Content is protected !!