Rencana MoU Pemda Wonogiri-Tim Ipteknas Balitbang

0 46
Ir. Rully Pramono Retno Msi berkonsultasi dengan Bupati H Danar Rahmanto | Foto : Bagus

infowonogiri.com -WONOGIRI-Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan (Nakperla) Kabupaten Wonogiri akan menjalin kerjasama dengan Tim Ipteknas Balitbang Kelautan Perikanan. Rencananya kersaja sama itu akan ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua belah pihak pada 10 Juli mendatang.

Hal itu dikemukakan oleh Kepala Kepaa Dinas Nakperla Kabupaten Wonogiri Ir. Rully Pramono Retno Msi, akhir pekan kemarin, usai menghadap Bupati Wonogiri H Danar Rahmanto di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri. “Insya Allah MoU akan dilaksanakan pada 10 Juli mendatang, Bapak Bupati sudah menyetujuinya,” kata Rully.

*Demi menjaga kelestarian kawasan Patin di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri.

Dijelaskan, latar belakang dilakukannya kerja sama antara Nakperla Kabupaten Wonogiri dengan Tim Ipteknas Balitbang Kelautan Perikanan, adalah dalam rangka menjaga kelestarian kawasan budidaya ikan patin di lokasi perairan Bendungan Serba Guna Waduk Gajah Mungkur Wonogiri, dan persoalan pengelolaan pengelolaan perairan tersebut.

Nantinya baik Nakperla Kabupaten Wonogiri maupun Tim Ipteknas Balitbang Kelautan Perikanan akan memaparkan program-programnya. Namun Rully belum berkenan memakarkan secara gamblang. Namun bocornnya, antara lain adalah bawha kondisi kawasan budi daya ikan mulai kian memprihatinkan.

Padahal lokasi perairan WGM menjadi salah satu yang terbaik se Indonesia sebagai kawasan lestari budidaya ikan patin. Namun sebagian banyak masyarakat Wonogiri masih banyak yang belum menyadari, karena dimungkinkan karena masyarakat belum memahami masalah tersebut. Karena itu Bupati, Nakperla dan SKPD terkait akan terus menyosialisasikannya.

“Saat ini masih ada satu atau beberapa oarng yang melakukan penangkapan ikan Patin di kawasan budi daya ikan patin di WGM,” ujarnya. Padahal sesuai aturan, lokasi 50 meter sekitar areal Karamba Jaring Apung (KJA) tidak boleh dilakukan penangkapan ikan pating, dengan cara papaun. Baik dengan menjaring atau memancing. Areal tersebut adalah lahan konservasi dan penelitian perlindungan ikan patin. [[email protected]]

error: Content is protected !!