Puncak Piodalan Umat Hindu di Pracimantoro

0 81
Puncak Piodalan Umat Hindu di Pracimantoro | Foto :Heru

infowonogiri.com -PRACIMANTORO – Ratusan pemeluk agama Hindu berdatangan di kawasan Musium Karst Dunia di Desa Mudal Kecamatan Pracimantoro, Senin (04/06). Mereka bertujuan mengikuti upacara piodalan atau ulang tahun Pure yang ke dua di Museum Karst Dunia. Acara ini diperingati setiap satu tahun sekali, tepatnya setiap bulan Juni.

Ketua Penyelenggara Piodolan Putu Suprapto mengemukakan, acara ini terselenggara berkat kerja sama umat Hindu yang didukung oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Wonogiri, Muspika Kecamatan Pracimantoro dan warga setempat.
Lokasi Pure ditata mengikuti gaya umat Pure di Bali. Seorang pengunjung Suastika Adi Putra (31) asal Bali menuturkan, di Bali perkumpulan umat Hindu ditampung dalam suatu Koperasi yang dinamakan Koperasi Adil. Jumlah anggotanya mencapai 6.000 umat. Koperasi ini bertujuan untuk menyatukan umat Hindu se Indonesia.
Salah visi Koperasi adalah membangun Pure sebagai tempat berindah bersama sama anggota koperasi. Kerja keras umat hindu telah banyak membuahkan hasil. Antara lain membangu Pure di Yogyakarta, Wonogiri. Pure di Wonogiri ini adalah hasil pengembangan dari Koperasi Adil umat Hindu di Bali yang tempatnya saat ini diadakan piodalan.
Umat Hindu yang datang pada tahun ini berbeda dengan tahun kemarin. Tahun kemarin dihadiri ribuan umat sedangkan pada tahun ini hanya sekitar lima ratusan umat saja. Kebetulan hari ini bertepatan bulan purnama. “Di Bali juga menggelar acara sendiri di Bali, Kebayakan yang datang perwakilan keluarga, orang tua atau juga anaknya,” katanya.
Tamu yang datang di Musium Karst dari jakarta, dan China. Bupati Wonogiri H.Danar Rahmanto menyampaikan tentang pentingnya menjaga kerukunan antar umat beragama seperti diatur pada buti-butir Pancasila. Tepat pukul 12.00 WIB Piodolan dimulai dengan ritual sembahyang di Pure.
Disisi lain, kegiatan Piodolan berdampak positif bagi Taksi Motor alias Ojek. Jika biasanya sepi penumpang, kemarin Ojek rame penumpang. Sehingga menambah pemasukan bagi tukang ojek. [[email protected]]

 

error: Content is protected !!