Potensi Kecamatan Paranggupito

0 99
Lobster kristal salah satu Potensi kec.Paranggupito | Foto : Fitri

infowonogiri.com – WONOGIRI -Kecamatan Paranggupito menjadi salah satu peserta pameran di acara Gelar Potensi Daerah Kabupaten Wonogiri, di Gedung Giri Cahaya Jum”at, 18 Mei 2012 yang lalu.

Dalam stan pamerannya terdapat berbagai hasil bumi dan hasil olahan usaha masyarakat Paranggupito diantaranya yang paling laris dicari pengunjung pameran adalah gula kelapa dan mocaf yaitu tepung dari sinngkong atau ubi kayu. Seperti dipaparkan oleh Sukimo, “Gula kelapa buatan kami tanpa ampas bahan bakunya dari nira kelapa, sedangkan untuk mocaf ini adalah tepung serba guna alternatif pengganti tepung terigu”.

Gula jawa dijual per kilogramnya 15ribu sedangkan untuk mocafnya per kilogram 7ribu. Selain keduanya yang dipamerkan ada pula yang banyak menarik perhatian pengunjung yaitu lobster, hasil laut ini sangat menguntungkan karena harganya yang selangit harga per kilogram untuk lobster biasa mencapai 180ribu sedang untuk lobster kristal mencapai 250ribu per kilogramnya.

Sayangnya untuk lobster ini tidak mudah di dapatkan sehingga proses pemasaranya hanya dengan sistem pesan. Banyak hotel-hotel da restorant terkenal di Solo memesan dari nelayan di Paranggupito. Selain hasil lautnya Paranggupito juga dikenal dengan keindahan pantainya yaitu pantai Nampu, Sembukan, dam lain-lain.[[email protected]]

error: Content is protected !!