Polres Wonogiri Gelar Operasi Simpatik Candi (OSC) 2012

0 28
Kapolres memeriksa kesiapan tim Satlantas Polres Wonogiri | Foto :Bagus

infowonogiri.com – WONOGIRI – Sejak awal tahun 2012 tidak ada razia kendaraan bermotor di jalanan alias mokmen, baik terhadap roda dua maupun roda empat. Namun mulai awal Juni sampai Kamis (21/6) Satlantas Polres Wonogiri menggelar Operasi Simpatik Candi (OSC) 2012.

Kapolres Wonogiri AKBP Ni Ketut Swastika SIK melalui Kasatlantas AKP Juharno menjelaskan, OSC bertujuan menjaga ketertiban dan keamanan lalulintas. Ketertiban lalulintas dapat tercapai jika sistem keamanan keselamatan ketertiban kelancaran lalulintas (Siskamseltibcarlantas) berjalan baik.

Karena itu perlu menumbuhkan budaya dan etika berlalu lintas di jalan raya. Perlu mengajak peran serta masyarakat. Sehingga mampu menekan angka kecelakaan lalulintas. Upaya lain adalah menjalin koordinasi yang sinergis dengan stake holder lalulintas di Wonogiri. Menjalin kerjasama dan memberi manfaat agar berdampak baik bagi lalulintas.

OSC fokus kegiatan adalah cara bertindak (CB), meliputi kegiatan pre-entif yaitu pendidikan masyarakat lalulintas (Dikmaslatas), kegiatan prefentif meliputi penjagaan dan pengaturan lalulintas (Gaturlantas), dan represif yaitu kegiatan penegakan hukum terhadap pelanggaran lalulintas (LL) yang berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Contohnya kelebihan muatan bagi kendaraan angkutan, kendaraan barang untuk mengangkut orang, menerobos lampur merah, melanggar marka jalan, parkir di sembarangan, kecepatan terlalu tinggi. Pada pelaksanaannya, polisi tidak memeriksa SIM dan STNK-nya. Akan tetapi memeriksa kendarananya.

“Istilahnya hanting sistem, bukan sistem stationer. Hanting sistem itu polisi hanya menindak pengendara yang melanggar lalulintas. Jika tidak melanggar maka polisi tidak akan menindak,” ujarnya. Sedangkan sistem stationer, semua kendaraan yang melintas melanggar atau tidak diperiksa.[[email protected]

error: Content is protected !!