Penderita Gangguan Jiwa Fenomena Gunung Es

0 40

infowonogiri.com-WONOGIRI-Pemerintah Kabupaten Wonogiri menyambut baik dibentuknya Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) di Kota Sukses. Tim TPKJM diharapkan dapat membantu Bupati Wonogiri dalam merumuskan kebijakan upaya pencegahan dan penanggulangan masalah kesehatan jiwa masyarakat.

Demikian sambutan Bupati Wonogiri yang dibacakan oleh Sekda Drs. Budisena, MM dalam acara kunjungan Tim TPKJM Propinsi Jateng di Ruang Data Setda Kabupaten Wonogiri, Rabu (6/6) kemarin. Menurut Sekda keberadaan penderita gangguan jiwa ini ibarat fenomena gunung es.

“Permasalahan gangguan jiwa di Wonogiri seperti fenomena gunung es. Apa yang tampak di permukaan hanya bagian terkecil dari permasalahan yang ada. Hal ini disebabkan karena tingkat intelektualitas, ketidakmampuan ekonomi dan lokasi di pelosok daerah yang menjadikan banyak masyarakat enggan melaporkan,” terangnya.

Karena itu, Sekda berharap dengan adanya TPKJM ini para penderita gangguan jiwa akan mendapatkan penanganan yang baik dan layak sehingga mereka mampu menjalani hidup sewajarnya.

Sementara itu, dr. Sinung Pribadi, MM wakil dari Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri (DKK Wonogiri) menyampaikan bahwa saat ini jumlah warga yang mengalami gangguan jiwa yang telah dirawat sebanyak 46 orang dari total 62 orang. Dari 46 orang terdapat 33 penderita sudah dipulangkan.

Sementara 26 orang penderita jiwa berada di rumah masing-masing. Sebanyak 16 orang belum dijemput untuk dirawat. Ada 10 orang penderita menolak dirawat. “Wilayah Slogohimo merupakan kecamatan yang memiliki data pasien dipasung paling banyak yaitu 12 orang,” terang dr. Sinung.

dr. Sinung memerkirakan data yang dimiliki tidak sesuai dengan yang ada di lapangan, karena kesadaran masyarakat masih rendah untuk melaporkan anggota keluarganya yang mengalami gangguan jiwa. “Pengertian dipasung itu bukan hanya di pasung dengan kayu, tapi juga dirantai dan dikurung dalam kamar, sangat mungkin masih banyak yang di luar sana,” terangnya.

Keluarga dan masyarakat disarankan memeriksakan keluarga yang mengalami gangguan jiwa ke puskesmas terdekat. “Di wilayah Kabupaten Wonogiri yang melayani pasien kesehatan gangguan jiwa adalah Puskesmas Baturetno I, Wonogiri I dan Purwantoro I, ”beber Sinung. [[email protected]]

error: Content is protected !!