Nelayan Wonogiri Gunung Kidul Pacitan Jalin Kesepakatan

0 24
Pantai Paranggupito | Foto : Bagus

infowonogiri.com –  WONOGIRI – Para nelayan dari Kabupaten Wonogiri, Pacitan, dan Gunung Kidul telah menjalin kesepakatan untuk mencegah konflik antardaerah. Para nelayan juga bersepakat tidak menggunakan peralatan yang merusak lingkungan. Kesepakatan itu ditandatangani oleh Himpunan Nelayan seluruh Indonesia (HNSI) dari ketiga Kabupaten tersebut.

Ketua Koperasi Nelayan Parang Bahari Paranggupito, Sucipto kesepakatan itu ditandatangani pertengahan bulan Juni ini. “Kesepakatan itu terkait persoalan pencarian ikan di laut, keamanan laut, dan aturan-aturan dalam pencarian ikan,” katanya, kemarin.

Kesepakatan itu tertulis dalam tiga bab. Setiap bab terdapat sekitar 20 poin yang harus dijalankan para nelayan. “Intinya saling menghormati serta tidak saling mengganggu, baik untuk nelayan tradisional yang mencari ikan di tepi pantai maupun nelayan pengguna perahu yang melaut,” katanya.

Para nelayan juga tidak membatasi wilayah laut. Nelayan Paranggupito diperbolehkan melaut di wilayah perairan Pacitan dan Gunung Kidul. Demikian juga sebaliknya. Sucipto berharap dengan kesepakatan itu dapat terjalin hubungan yang baik antarnelayan. Penggunaan peralatan yang merusak lingkungan, seperti jaring (trawl), zat beracun, dan bahan peledak dilarang keras.[[email protected]]

error: Content is protected !!