Flu Burung Serang Karangtengah, Daerah Lain Diminta Waspada

0 31
Pedagang Ayam di Pasar | Foto Bagus

INFOWONOGIRI – KARANGTENGAH – Di Dusun Kitren, Desa Purwoharjo, Kecamatan Karangtengah ditemukan puluhan ekor ayam mati mendadak. Temuan tersebut kemudian diteliti oleh Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan.

Hasil penelitian menyatakan kematian ayam ayam tersebut positif disebabkan karena firus flu burung. “Satu ekor ayam diteliti. Rapid test menunjukkan ada virus AI positif. Ayam yang mati ada 50 ekor,” ujar Kepala Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan, Rully Pramono Retno melalui Plt Kabid Kesehatan Hewan, Gatot Siswoyo.
“Ayam-ayam yang mati itu terjadi dalam pekan kemarin. Setelah melakukan rapid test kandang warga, ayam yang mati disemprot dengan formalin. Tiga hari lagi akan disemprot dengan desinfektan,” jelasnya, Selasa (5/6) lalu.
Warga telah membakar bangkai ayam ayam yang tersebut dan kemudian ditimbun. Karena itu gatot menghimbau agar warga waspada, terlebih pada musim pancaroba dan cuaca seperti saat ini. Himbuan telah disampaikan kepada tokoh perangkat desa dan masyarakat.
Dinas Nakperla berencana akan membuat surat edaran berisi tentang himbauan ke semua staf di 24 Kecamatan lainnya. Selain waspada flu burung, warga juga diminta waspada terhadap penyakit unggas lainnya, yakni tetelo. [[email protected]]
error: Content is protected !!