Desa Bulusulur Miliki BUMDes

0 92
Bazar desa Bulusulur | Foto : Bagus

infowonogiri.com – WONOGIRI – Pemerintahan Desa Bulusulur Kecamatan Wonogiri kini telah memiliki perusahaan. Perusahaan itu dinamai Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). BUMDes tersebut adalah perusahaan air minum (PAM) yang dibangun di Dusun Klemut dan Dusun Malangsari Desa Bulusulur.

Hal itu dikemukakan Kepala Desa Bulusulur Dwi Prasetyo melalui Ketua Tim Pemasaran Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK) Anggoro Joko S (37), di halaman kantor Desa Bulusulur, Rabu (20/6) kemarin.

Anggoro Joko Setyono Pengurus PNPM | Foto : Bagus

Dijelakan Anggoro, bawha BUMDes berupa PAM tersebut untuk mengairi 224 Kepala Keluarga (KK), akan tetapi sejauh ini baru bisa melayani 58 KK. Sebab PAM itu dibangun dan diresmikan beberapa bulan lalu, sehingga sarana jaringannya belum sepenuhnya tersedia.

Direncanakan ke depan akan segera bisa melayani seluruh warga di dua dusun tersebut. “Ini baru melayani 58 KK dari 224 KK yang ada di Dusun Klemut dan Malansari. Sumber mata airnya dari kedua Dusun tesebut,” tandas Anggoro di sela sela Bazar di halaman Kantor Desa Bulusulur.

Bazar kali ini bertujuan untuk memasarkan program PNPM PLPBK Desa Bulusulur. Tema-nya Peduli Dalam Rangka Pemasaran Internal Tingkat Desa yang diselenggarakan oleh Desa Bulusulur kerjasama dengan BKM Bangkit dan Tim Pemasaran PLPBK.

Dijelaskan, bawha masyarakat Desa Bulusulur mendapatkan bantuan dari pemerintah Belanda sebanyak Rp.1 Milyar, dari lembaga Neoborghog Development (ND;Nata Desa). Dana tersebut antara lain untuk membangun sarana PAM BUMDes Bulusulur.

Direncanakan akan digunakan untuk membangun taman bermain anak di Dusun Kedungsono dan sekolah keceh, Pendidikan Pertanian dan Padepokan Budaya, Kuliner, Out Bond dan Camping Ground, dimulai pekan depan.

Selain itu dana dari Pemerintah Belanda juga telah digulirkan kepada pedagang kecil sebanyak Rp.150 juta. Antara lain untuk pedagang pecel, sayur, tempe dan lain lainnya. Secara umum pengembalian dari pedagang kecil warga setempat berjalan baik dan berkembang.[[email protected]]

error: Content is protected !!