Belajar Bersahabat Dengan Nelayan WGM

0 32
Kepala Dinas Nakperla Ir Rully Pramono Retnpo MSi | Foto : Dok

infowonogiri.com -WONOGIRI – Namanya Rully Pramono Retno. Perempuan yang lebih sering tampak berjilbab ini menjabat sebagai Kepala Dinas Nakperla Kabupaten Wonogiri. Jabatan tersebut bukanlah jabatan yang ringan. Rully pun tidak dengan mudahnya menduduki kursi tertinggi di bidang peternakan perikanan dan kelautan itu.

Rully, demikian panggilannya, merintis jabatan tersebut sejak puluhan tahun silam di Dinas Nakperla, yang dulu bernama Wanperla (Kehewan Peternakan dan Kelautan). “Saya bekerja di Dinas Nakperla sejak 27 tahun lalu, sejak pertama menjadi CPNS,” tutur Rully saat menunggu antrian sowan ke Bupati Wonogiri H Danar Rahmanto di rumah Dinas Pendopo Bupati Wonogiri, pekan lalu.
Tentu tugas dan amanat tersebut cukup berat, penuh tantangan. Salah satu tantangan adalah persoalan memertahanan kelestarian kawasan budidaya ikan patin agar tetap lestari. Sebab WGM menjadi satu satunya di Jawa Tengah yang cocok untuk budidaya ikan patin dan terbaik di Indonesia, dari beberapa daerah lain.
Nah, Rully berusaha selalu dekat dengan nelayan. Sehingga bisa menyampaikan apa yang diprogramkan pemerintah berkaitan dengan pengelolalan WGM, utamanya pengelolaan kawasan karamba dan kawasan budi daya ikan patin di WGM. Bahwa intinya siapapun dilarang menangkap ikan patin pada radius 50 meter di wilayah sekitar Karamba Jaring Apung (KJA).

“Masyarakat nelayan itu wataknya berbeda beda. Yang baik banyak, yang keras pun ada. Saya mencoba tetap baik dan selalu mengerti mereka, harapannya mereka mengerti kami,” pungkas Rully tersenyum.[[email protected]]

error: Content is protected !!