Wuryantoro Kembangkan Budidaya Jamur

0 438
Produk Unggulan Kecamatan Wuryantoro | Foto : Heri

infowonogiri.com -WONOGIRI-Gelar Potensi Daerah Kabupaten Wonogiri yang diikuti oleh peserta dari Kecamatan-Kecamatan se Kabupaten Wonogiri  dalam rangka memperingati  Hari Jadi Kabupaten Wonogiri ke 271. Salah satu peserta yang mengikuti acara pameran tersebut adalah Kecamatan Wuryantoro. Dalam pameran di Gedung Giri Cahaya Wonogiri, Jum”at, 18 Mei 2012 Kecamatan Wuryantoro menampilkan produk andalannya yaitu Jamur.

Selain menawarkan produk dalam stand pameranya, Kecamatan Wuryantoro juga memberikan pengetahuan dan pengarahan mengenai budidaya jamur. Berbagai jenis jamur dikembang biakkan di Rumah Jamur milik Pak Manulang di desa Gumiwang Wuryantoro diantaranya adalah jamur tiram, jamur kuping, jamur lingzhi, jamur merang. Dalam stand-nya juga terdapat bibit jamur yang ditawarkan dengan harga per log-nya 2500 untuk yang besar dan 2000 untuk yang kecil.

Budidaya Jamur Manulang | Foto : Heri

Pemasaran jamur ini masih dilakukan dengan cara tradisional yakni masih melalui pesanan, belum melalui website dan media elektronik lainnya, padahal melihat omset bersihnya yang mencapai 1juta rupiah per panen dengan masa panen 1 log  mencapai  5 kali panen dengan kurun waktu 24 hari saja. Jika dalam 1 rumah jamur terdapat 1000 log jamur maka dalam sebulan kita dapat menghasilkan kurang lebih 5ribu kali panen.

Dengan jumlah tersebut tentunya hasil yang didapat lumayan menguntungkan, karena proses pembudidayaan-nya yang mudah hanya butuh air dan kelembaban suhu udara yang terkontrol.

Hasil jamur tersebut di jual per kilonya Rp.10.000 untuk jamur tiram, untuk jamur kuping kering 60ribu, sedangkan lingzhi dijual per kilonya Rp.200.000. Yang paling diminati hingga di ekspor ke luar negeri seperti china adalah lingzhi.

“Kami menerima kehadiran teman-teman yang berminat untuk membudidayakan jamur, bisa datang langsung ke rumah saya, saya pun bersedia mengajari dan menyediakan bibit jamur” ujar Pak Manulang disela-sela kesibukannya melayani pengunjung.[[email protected]]

error: Content is protected !!