Uji Coba Operasional Rail Bus Belum Sampai Di Wonogiri

0 67

infowonogiri.com – WONOGIRI– Railbus dengan trayek Yogyakarta Solo Wonogiri rencananya akan dioperasikan mulai 20 Juni mendatang. Namun uji coba operasional kereta tersebut belum sampai di Stasiun Wonogiri. Penyebabnya perbaikan penguatan jalur dari Sukoharjo Wonogiri belum kelar.

Menurut Humas PT KAI Daops VI Yogyakarta, Eko Budiyanto menyebutkan perbaikan jalur KA Sukoharjo-Wonogiri memakan waktu satu tahun. Pengerjaan jalur Sukoharjo-Wonogiri dilaksanakan oleh Satker Lintas Selatan Jawa Dirjen Perkeretaapian. “Paling tidak butuh waktu satu tahun, diperkirakan selesai akhir tahun ini,” ujarnya.

Eko Budiyanto mengatakan, masih banyak jembatan dan gorong-gorong di jalur itu yang perlu diperkuat. Pengerjaannya jembatan yang akan dilalui railbus harus benar benar kuat, sehingga aman dan nyaman untuk lalulintas Railbus. “Saat uji coba dulu lancar saja. Karena hanya melintas sekali. Untuk lalulintas bolak-balik maka harus diperkuat, agar aman,” terangnya.

Persyaratan yang harus dipenuhi sebelum dioperasikan mulai 20 Juni mendatang, adalah ada penjaga palang pintu kereta api serta sertifikasi awak dan masinis railbus. Telah ditandatangani Berita Acara Serah Terima (BAST) dan Berita Acara Serah Terima Operasi (BASTO) kepada PT KAI. BAST dan BASTO itu diupayakan selesai sebelum 20 Juni.[[email protected]]

error: Content is protected !!