Potensi Tangkapan Ikan WGM Capai Rp.8 Milyar

0 56

infowonogiri.com-WONOGIRI-Potensi tangkapan ikan nila di perairan Waduk Gajah Mungkur mencapai 3.000 ton dengan nilai Rp.3,6 miliar. Ikan patin mencapai 2.000 ton dengan nilai Rp.2,4 miliar dan ikan tawes dengan tangkapan sekitar 197 ton senilai Rp.1,3 miliar. Total mencapai Rp.7,3 Milyar pertahun.

Itu belum termasuk tangkapan ikan jenis lain. Jika ditambah dengan potensi tangkapan ikan lain bisa mencapai Rp.8 Milyar lebih. Potensi lain dari ikan, udang, gabus, bethuthu (ikan bodo). Hal itu dikemukakan oleh Kasi Perikanan Tangkap Dinas Kelautan Provinsi Jateng, Dewi Irianti, Senin (30/4) di Wuryantoro.

Potensi tangkapan ikan di WGM bisa mencapai 3.800-5.000 ton per tahun. Namun baru bisa dimanfaatkan 25%-nya. “Potensi tangkapan ikan di perairan Waduk Gajah mungkur cukup besar,” Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jateng, Trisno Utomo saat sambutan tabur benih di Desa Sumberejo, Wuryantoro, Senin (30/4) sore.

Karena itu, Bupati Wonogiri H. Danar Rahmanto, berharap nelayan ikut menjaga kelangsungan populasi ikan di WGM. “Saat ikan patin diambil secara besar-besaran, yang rugi nelayan. Sebab, harga ikan patin turun dari Rp.12.000/kg menjadi Rp.5.000/kg. Pengambilan ikan harus seimbang, jangan serakah,” katanya.

Sementara Camat Wuryantoro Tarjo Harsono melaporkan penghasilan nelayan di Wuryantoro bisa mencapai 50-70 kilogram per hari. Harga jual rata-rata Rp.10.000 /kg. Pada musim panen bisa mencapai satu hingga dua kuintal per hari. “Kami khawatir populasi ikan patin akan habis. Nelayanlah yang dirugikan karena tangkapnnya berkurang,” jelasnya.

Asal tahu, DKP Jateng memberi bantuan 450.000 ekor benih ikan untuk ditebar di WGM secara bertahap pada tahun 2012 ini. Tahap pertama ditebar 100.000 ekor nila oleh Anggota Komisi B DPRD Provinsi Jateng Subandi PR, Ketua DPRD Wonogiri Wawan Setya Nugraha dan Bupati Wonogiri Danar Rahmanto.[[email protected]]

error: Content is protected !!