Potensi Kecamatan Jatipurno

0 88
Rono, hasil kerajinan ukir hasil karya masyarkat Jatipurno | Foto: Ida

infowonogiri.com – WONOGIRI, Jum’at, 18 Mei 2012 kecamatan Jatipurno mengikuti gelar potensi daerah Kabupaten Wonogiri dalam rangka memperingati hari jadi kabupaten wonogiri yang ke-271. Yang diadakan di Gedung Giri Cahaya Wonogiri. Dalam pameran tersebut Kecamatan Jatipurno menawarkan berbagai hasil kerajinan, hasil bumi, dan berbagai produk olahan.

Dari berbagai jenis produk yang ditawarkan salah satunya yang menjadi produk unggulan dari Kecamatan Jatipurno adalah Rono, hasil kerajinan ukir hasil karya masyarkat Jatipurno, yang banyak digunakan sebagai sekat antar ruangan baik di rumah maupun di kantor. Bahan bakunya berasal dari kayu jati, mahoni, dan sengon. Harga satuan-nya mencapai Rp. 2.500.000, selama pameran berlangsung sebanyak 50 orang telah memesan hasil karya tersebut. Salah satunya ada yang akan diekspor ke luar negeri.

Selain hasil kerajinan tersebut menyediakan biji kakao atau coklat baik yang sudah difermentasi atau belum karena keterbatasan alat dan pengetahuan masyarakat kecamatan Jatipurno hanya dapat membudidayakan kakao dan menjualnya dalam bentuk kakao fermentasi padahal harganya lebih tinggi jika telah diproses menjadi bubuk coklat.

Kecamatan Jatipurno juga menawarkan keindahan alam seperti Wisata Air Terjun Watu Jadah di Dusun Grenjeng Kecamatan Jatipurno Wonogiri. Yang memiliki keindahan yang masih alami, Wisata Air Terjun Watu Jadah tersebut memiliki bentuk bebatuan seperti irisan makanan jawa jadah, disekeliling air terjun tersebut.[[email protected]]

error: Content is protected !!