Potensi Kecamatan Giritontro

0 102
Salah Satu Potensi Alam Kecamatan Giritontro | Foto : Fitri

infowonogiri.com -WONOGIRI – Jum”at 18 Mei 2012 dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Wonogiri yang ke 271, diadakan Gelar Potensi Daerah Kabupaten Wonogiri di Gedung Giri Cahaya. Terdapat 25 kecamatan yang mengikuti acara tersebut, salah satunya adalah Kecamatan Giritontro.

Meskipun stand pamerannya kecil tapi tetap menarik perhatian pengunjung pameran, yang banyak dibeli pengunjung adalah gula kelapa sebagai hasil olahan nira kelapa asli dari Giritontro. Gula kelapa ini dijual dengan harga 15ribu per kilogram dan telah habis terjual siang ini, seperti yang di ungkapkan Taufik.

Giritontro terkenal sebagai penghasil kopra yaitu kelapa yang dikeringkan sebagai bahan utama pembuatan minayk kelapa. Sayangnya karena keterbatasan alat masyarkat Giritontro belum bisa mengolah sendiri kopra tersebut menjadi minyakn padahal harganya jauh lebih tinggi jika telah menjadi minyak kelapa.

Proses pembuatan kopra pun masih sangat tradisioanal, proses pengeringannya masih bergantung pada sinar matahari. Hasil Kopra ini dipasarkan di Wonogiri dan sekitarnya sampai dengan Solo.

Selain terkenal dengan kopranya, Giritontro juga terkenal dengan hasil kerajinan tanganya baik berupa anyaman seperti tas, capil juga hasil kerajianan tangan berupa sangkar burung.[[email protected]]

error: Content is protected !!