Kerajinan Tangan dari Pracimantoro

0 417

Kerajinan Tangan dari Pracimantoro | Foto : Fitriinfowonogiri.com -WONOGIRI-Gelar Potensi Daerah Kabupaten Wonogiri yang diikuti oleh peserta dari Kecamatan-Kecamatan se Kabupaten Wonogiri  dalam rangka memperingati  Hari Jadi Kabupaten Wonogiri ke 271. Salah satu peserta yang mengikuti acara pameran tersebut adalah Kecamatan Pracimantoro. Berbagai hasil kerajinan tangan dan hasil olahan limbah industri dipamerkan di Gedung Giri Cahaya Wonogiri, Jum”at, 18 Mei 2012.

Kecamatan Pracimantoro sebenarnya memiliki banyak potensi baik alam, wisata, kebudayaan, kesenian dan hasil buminya. Terbukti dengan telah di bangunnya Museum Karst Dunia di Pracimantoro, menarik wisatawan baik lokal maupun internasional dengan tujuan wisata maupun penelitian. Dengan adanya kawasan wisata museum ini juga telah memajukan pemasaran industri kerajinan tangan seperti yang dipamerkan di Gedung Giri Cahaya yaitu batu akik dan berbagai kerajinan tangan ukir dari limbah kayu seperti miniatur harley, becak, dan mobil. Selain memajukan pemasaran industri kawasan wisata ini juga menjadi ajang pemasaran makanan khas praci di antaranya emping jagung.

Seperti diungkapkan oleh Priyono penjaga stand pameran “Kami belajar membuat batu akik di Pacitan sedangkan untuk kerajinan dari limbah kayu kami belajar saat kami bekerja di Klaten, kemudian kami mencoba membuat kelompok usaha di Desa Gebang dan Gayam, untuk mengembangkan usaha tersebut sampai sekarang.”.Omset penjualan batu akik ini mencapai 800 ribu perbulan, untuk ringnya atau cincinya diambil dari Jepara, sedangkan batuannya asli dari Pracimantoro.

Banyak potensi di Kecamatan Pracimantoro yang harus dikembangkan dari segi pemasaran dan pengenalan dengan begitu masyarakat Wonogiri  khususnya dan lebih-lebih masyarakat di luar kota Wonogiri semakin mengenal Kecamatan Pracimantoro. [[email protected]]

error: Content is protected !!