Kec Pracimantoro Gelar Pilkades di 3 Desa

2 59
Pilkades di Kec Pracimantoro / foto : sutikno

infowonogiri.com – PRACIMANTORO – Kamis 03 Mei 2012 Pracimantoro,menggelar pilkades  di tiga desa yaitu, Desa Jimbar, Desa Banaran, dan Desa Gebangharjo. Para kandidat calon kades beradu strategi untuk menduduki kursi sebagai kades di Desa yang akan di dudukinya.

 

Setelah usainya digelar acara PILKADES yang berlangsung dengan tertib pada hari Kamis tanggal 03 Mei 2012 di tiga Desa. Desa Jimbar sendiri dimenangkan Sutrisno yang berlambangkan Padi, dengan jumlah suara 1491, kosong 47 dan suara yang rusak 4.

Desa Banaran yang terdiri dari 8 Dusun yaituJemplo,Banaran, Babadan,Kranding, Dung Temu, Dung Padas, Tondan dan terahir Mijahan, dengan 6 calon kandidatnya yang mencalonkan diri untuk mendapatkan kursi Kades.Setelah acara di gelar akhirnya suara terbanyak di menangkan Katman yang berlambangkan Jagung dangan jumlah perolehan suara sah 571, tidak sah 94. Meski hak pilih berjumlah total  2015, tetapi yang menyuarakan hak pilihnya hanya berjumlah 1619.

Desa Gebangharjo di gelar dengan 4 calon kandidat yaitu simbul padi K. Suwanto,simbol ketela Wasiman, simbul jagung Sarno dan simbul kelapa Bogiyono, yang selama pemilihan berlangsung di ikuti oleh 9 dusun yaitu Mudal,Karanglo Wetan, Karanglo Kulon, Ndilem, Nglaran, Sunglon, Ngentak, Dangolo, dan Jati.

Hak pilih yang di gunakan berjumlah 2013 yang terdiri dari jumlah laki – laki 1004 jiwa, Perempuan berjumlah 1009 jiwa. Akan tetapi hak pilih yang menyuarakan aspirasinya laki – laki berjumlah 734 jiwa, perempuan 792 jiwa. Jadi total keseluruhan berjumlah 1526, yang tidak hadir laki – laki 270 jiwa, perempuan 217 jiwa, sehingga jumlah keseluruhan yang tidak menyumbangkan suaranya berjumlah 487 jiwa.

Setelah acara berlangsung di balai desa Gebangharjo suara terbanyak di menangkan Bogiyono, yang hasil penghitungannya  K. Suwanto 466 suara,Wasimin 375 suara, Sarno 67 suara, Bogiyono 549, suara yang rusak 76 suara. Namun antusias warga baik yang menyaksikan ataupun menjadi peserta pemilih dan yang dipilih patut diacungi jempol, karena selama acara berlangsung dapat berjalan dengan lancar tanpa ada kecurangan dari pihak-pihak tertentu.

Hal ini tentunya dapat di jadikan referensi kita untuk pemilihan suara yang berskala lebih besar.[[email protected]]

error: Content is protected !!