Jamu Tradisional Khas Kecamatan Kismantoro

0 94
Jamu Khas Kismantoro | Foto : Tresa Septia Dwi Utami

infowonogiri.com  – WONOGIRI – Dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Wonogiri yang ke 271, Kecamatan Kismantoro menjadi salah satu peserta Pameran Gelar Potensi Daerah Kabupaten Wonogiri di Gedung Giri Cahaya Kabupaten Wonogiri. Pada pameran tersebut Kecamatan Kismantoro memamerkan hasil alamnya yang berupa rempah-rempah yang berpotensi  memiliki nilai jual tinggi.

Rempah-rempah tersebut bukan hanya dijual sebagai barang mentah, tapi juga diolah sebagai Jamu Tradisional yang berpotensi memiliki nilai jual exspor.  Hanya saja pemasarannya yang masih terbatas. Pada saat ini pemasarannya hanya melalui agen-agen kecil dan pemesanan antar pulau melalui jalur paket.

“Tempat produksi jamu saya sering digunakan para mahasiswa untuk pembuatan skripsi”, ujar Bu Marju pemilik usaha jamu tradisional.

Proses pembuatan jamu tradisional tersebut dilakukan secara tradisional oleh 3 orang karyawan Bu Marju. Yang paling banyak dicari yaitu jamu jahe merah, beras kencur, mahkota dewa dan kunir putih. Kedepannya usaha tradisional ini membutuhkan pemasaran yang lebih baik, agar usaha jamu ini semakin dikenal oleh masyarakat luas.[[email protected]]

error: Content is protected !!