Gak Perlu Khawatir Dengan “Flu Singapura”

0 60
dr H Widodo Kepala DKK Wonogiri | Foto : Bagus

infowonogiri.com -WONOGIRI – Di Wilayah Kecamatan Selogiri sedikitnya sudah ada enam warga yang melaporkan telah ada enam warganya yang terkena penyakit FS [ flu simgapura] . Camat Selogiri Bambang Haryanto melaporkan empat warganya yang tekena penyaskit FS adalah warga Desa Jendi dan satu warga Desa Jaten dan satu lagi masih dalam masa penyembuhan di Desa Nambangan.

“Mereka periksa ke dokter, vonisnya mengidap Flu Singapura. Semuanya anak-anak berusia sekira 10 tahunan, dan satu balita. Saya menyayangkan Puskesmas tidak melapor ada penyakit ini. Saya justru tahu dari warga,” katanya, Minggu (20/5) siang. Menurut Bambang, seyogyanya, Puskesmas atau Dinas Kesehatan memberikan penyuluhan penyakit itu.

Terpisah Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Wonogiri, dr H Widodo menegaskan warga tidak perlu khawatir berlebihan dengan penyakit FS ini. Dengan asupan makanan sehat, cukup olahraga, maka daya tahan tubuh akan bertambah maka proses virus menjadi lemah. Terpenting jaga kondisi tubuh saat perubahan musim. Karena virus ini ada di sekitar kita. Jika daya tahan tubuh maka virus ini mudah menyerang.

Camat Himbau DKK sosialisasikan Flu Singapura

“Penyakit menular apapun jika tidak diobati tentu membahayakan. Namun warga tidak perlu khawatir. Jika ada gejala panas dan bintik-bintik seperti cacar tapi kering segera periksakan. Obat khusus tidak ada karena yang diobati biasanya gejala yang menyertainya seperti demam, batuk, diare. Jika daya tahan tubuh meningkat, virus lemah dengan sendirinya,” jelasnya.

Dijelaskan jika cacar menyerang pembuluh darah, maka virus Flu Singapura menginfeksi jaringan kulit. Dan menurutnya, hingga Minggu siang belum ada laporan warga yang terkena flu ini. Menurutnya DKK telah menyosialisasikan ke semua instansi medik. “Kalau hanya ada satu atau dua biasanya tidak dilaporkan. Jika banyak penderita di satu lingkungan baru dilaporkan,” katanya. [[email protected]]

 

error: Content is protected !!