Bencana Alam Puluhan Rumah dan Kandang Rusak

0 35

infowonogiri.com-WONOGIRI-Sedikitnya ada 30 rumah di Desa Sendangijo Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri mengalami rusak ringan sedang dan parah, akibat bencana alam (Bencal) terjadi, Senin (30/4) malam kemarin.

Dari 30 rumah itu, 20 rumah diantaranya beralamat di Dusun Kedungrejo, tujuh rumah di Dusun Sukorejo dan tiga rumah di Dusun Bagusan. Dua rumah dan satu kandang masuk kategori rusak berat karena ambruk.

Yaitu rumah dan kandang sapi milik Sutrisno sempat tertimpa atap dan kerangka kandang, namun selamat. Rumah dapur milik Sukardi (50) warga Sukorejo juga rusak parah. Sedangkan warga di Dusun Kedungrejo yang rusak parah adalah rumah milik Puji Rohmat (50).

Kerusakan tersebut disebabkan peristiwa hujan deras dan angin kencang yang melanda wilayah Kecamatan Selogiri, petang kemarin, sekira pukul 17.00 s/d 19.30 WIB. Pepohonan tumbang akibat tertiup angin kencang.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. “Rumah yang ambruk tidak berpenghuni, pemiliknya merantau. Rumah itu berdinding gedek bambu,” ujar Camat Selogiri, Bambang Haryanto melalui Kasi Trantib, Ismulatno. Diperkirakan rumah yang rusak berat merugi sekira Rp 15 juta.

Sedangkan rumah lain yang rusak ringan tidak dihitung nilai kerugiannya, karena langsung diperbaiki sendiri oleh pemiliknya dengan mengganti atap rumahnya dengan genteng atau seng. Salah satu Kandang sapi yang roboh adalah milik Sutrisno (60) warga Bagusan Sendangijo.

Sementara itu di Dusun Kedungrejo hingga Selasa siang masih sibuk bekerja bhakti membersihkan puing puing reruntuhan rumah. Antara lain rumah Widodo Kadus Kedungrejo. Warga bekerja bakti dibantu oleh anggota TNI dan Polisi dari Mupika Kecamatan Selogiri.

Warga setempat mengemukakan, angin kencang datang dari arah barat laut. Angin berputar dan hanya mengakibatkan kerusakan pada wilayah yang dilalui angin puting beliung. “Rumah seperti ditarik ke atas,” katanya. Peristiwa ini merupakan kali kedua sejak tahun 1997 silam. Saat itu lebih parah dibandingkan pada tahun ini. [[email protected]]

error: Content is protected !!