Batik Sidoharjo Terkenal Hingga Luar Negeri

0 105
Batik SIdoharjo | Foto : Ida Fariyan

infowonogiri.com -WONOGIRI- Gelar Potensi Daerah Kabupaten Wonogiri di Gedung Giri Cahaya Jum’at, 18 Mei 2012.  Yang diikuti oleh peserta dari Kecamatan-Kecamatan se Kabupaten Wonogiri hendaknya tidak hanya sekedar seremonial dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Wonogiri ke 271. Dari 25 kecamatan yang mengikuti gelar potensi daerah tersebut salah satunya Kecamatan Sidoharjo yang memamerkan hasil kerajinan batik tulis asli Sidoharjo.

Hasil kerajianan batik tersebut telah dipatenkan sebagai karya asli milik masyarakat Sidoharjo yang berciri khas motif jambu Mete sebagai salah satu tanaman yang tumbuh subur di Wonogiri, proses pembuatanya masih tradisional yang dikerjakan oleh masyarakat Sidoharjo. Hasil kerajinann batik tersebut dijual per 2 meter dengan kisaran harga 200 ribu sampai 1,5 juta tergantung tingkat kesulitan pengerjaannya.

“hasil kerajinan batik kami telah dipasarkan dari Jakarta, Palembang sampai dengan luar negeri seperti hongkong” ujar Ani penjaga stan pameran kecamatan Jatipurno. Selama lima bulan hasil kerajinan batik ini dikembangkan dan telah menarik perhatian baik masyarakat Wonogiri khususnya dan masyarakat diluar Wonogiri hingga manca negara.

Dari segi pemasaran selain terbantu dengan adanya pameran – pameran hasil batik ini pun dipasarkan melalui website. Dengan adanya website tersebut diharapkan batik Sidoharjo semakin dikenal dan mendunia.[[email protected]]

error: Content is protected !!