Timgab Sidak Rutan Wonogiri

0 44

infowonogiri.com-WONOGIRI-Tim Gabungan (Timgab) terdiri dari anggota Polres Wonogiri, Kejaksaan Negeri (Kejari) Wonogiri, dan Pengadilan Negeri (PN) Wonogiri menggeledah kamar narapidana (napi) khusus kasus terpidana Narkoba, Kamis (12/4) pagi. Timgab tidak menemukan barang bukti narkoba, maupun barang mencurigakan lainnya.

Penggeledahan digelar seusai apel siaga petugas rutan yang diikuti oleh Timgab dan sebagian banyak warga Rutan dan Sipir dan Staf petugas Rutan. Kepala Rutan Wonogiri, Mochammad Rodhi mengatakan, pihaknya tidak menemukan apapun saat penggeledahan itu. Penggeledahan hanya difokuskan di blok C, kamar narapidana kasus narkoba.

“Di blok C ada tiga kamar. Jumlah penghuninya 26 orang. Semua kami geledah, tidak ditemukan apapun,” ujarnya. Dijelaskan, pada blok C tersebut telah dipasang kamera pengawas (CCTV), sehingga aktivitas penghuninya selalu terpantau. Blok kamar tersebut juga diawasi oleh Sipir khusus dan dokter.

“Napi pengguna narkoba terkadang juga kita bawa ke rumah sakit untuk diterapi,” katanya. Beberapa napi kasus narkoba, yang dulu pernah “sakit” kini sudah sembuh. Padahal saat masa persidangan, mereka sering sakau karena pengaruh candu narkoba. “Dulu sering sakau, tetapi mereka sudah sehat, badannya juga sudah segar,” katanya.

Rodhi menambahkan, tujuan kegiatan penggeledahan dilakukan agar para petugas rutan semangat memerangi narkoba. Sebab saat ini, lembaga pemasyarakatan (LP) tengah disudutkan karena kasus peredaran barang haram itu tejadi dalamnya, dan di beberapa tempat diduga melibatkan orang dalam.

Dilaporkan, LP di Indonesia juga berhasil menggagalkan peredaran narkoba di dalam LP. Tahun 2011, sebanyak 98 kasus narkoba berhasil digagalkan. Tahun 2012  sudah ada 12 kasus narkoba dalam LP yang digagalkan. Jumlah petugas yang disanksi  tahun 2010 ada 32 orang. Tahun 2011 ada 27 petugas dikenai sanksi. “Itu komitmen kami meskipun sepi publikasi,” tegasnya. (bagus[email protected])

error: Content is protected !!