Sindikat Upal Lintas Kota Terbongkar

0 52

infowonogiri.com-SELOGIRI-Satuan Reskrim Polres Wonogiri bekerja sama dengan Polres Klaten berhasil membongkar jaringan sindikat pembuatan uang palsu (upal), Senin (16/4) di Selogiri. Polisi berhasil mengamankan empat tersangka (Tsk) dan barang bukti (BB) upal siap edar dan seperangkat alat cetak upal senilai Rp.140 juta.

Pelaku yang tertangkap adalah Mulyanto alias Sambeng ditangkap di Desa Gentongan Kecamatan Kalikotes Klaten.  Mulyanto berperan sebagai desainer dan penyedia bahan kertas upal. Sedangkan tiga pelaku lain bernama Khusain Wui, Mudi dan Rejo Wiyono. Ketiganya ditangkap di Desa Gemantar Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri.
Tiga orang Wonogiri ini berperan sebagai pencetak upal dan calon pengedar. Barang bukti  yang disita adalah upal sejumlah Rp.14O juta dan upal yang belum dicetak, mesin printer alat sablon dan kertas emas pengganti Benang pengaman.
Uniknya, modus para Tsk yaitu menyablon upal tersebut dengan cara manual, untuk selanjutnya segera diedarkan. Terbongkarnya jaringan upal ini berawal dari laporan masyarakat sejak sepekan teraskhir. Warga merasa resah menyusul ditemukannya peredaran upal di masyarakat.
Kapolres Wonogiri AKBP Ni Ketut Swastika melalui Kasatreskrim AKP Sugiyo melalui Kasubag Humas AKP Supriyadi mengemukakan jaringan sindikat upal ini terbongkar berkat informasi dari masyarakat, yang akhir akhir ini mengaku resah, menyusul ditemukanya sejumlah upal di pasaran. “Ini tergolong mahir. Kualitasnya nyaris sempurna menyerupai uang asli,” kata Kapolres melalui Kasubag Humas.
Namun ada yang tidak bisa dipalsukan yaitu benang pengaman dan ketebalan kertas yang digunakan, tidak bisa ditiru apalagi dipalsukan. Polisi menyiapkan pasal 244 dan 245 KUHP dengan acaman pidana penjara minimal 5 tahun dan maksimmal 15 tahun. Terpisah Mulyanto saat dikonfirmasi wartawan mengaku baru sekali memproduski upal. [[email protected]]

error: Content is protected !!