Sekilas Tentang Wonogiri

2 255

infowonogiri.com-WONOGIRI-Wonogiri, (bahasa Jawa: wanagiri, secara harfiah berarti “Hutan di Gunung”), adalah sebuah daerah kabupaten di Jawa Tengah. Kota yang terkenal dengan sebutan Kota Gaplek  ini secara geografis berada di bagian tenggara Provinsi Jawa Tengah atau lebih tepatnya terletak pada garis bujur 110 0 41’ – 111 0 18’ dan garis lintang 7 0 32’ – 8 0 15’ dengan luas wilayah 182.236,02 Ha.

Kondisi wilayah wonogiri kaya akan gunung dan perbukitan dengan unsur tanah bervariatif. Lebih dari separuh wilayahnya adalah lahan pertanian. Sumber dari Pemerintah Kabupaten Wonogiri  menyebutkan, sebanyak 17,94% atau sekitar 32.701 Ha dimanfaatkan untuk lahan pesawahan dan sebanyak 35,88% atau sekitar 65.381 Ha sebagai Tegal.

Wilayah Kabupaten Wonogiri berbatasan langsung dengan Kabupaten Ponorogo dan Pacitan Jawa Timur di bagian timur dan selatan. Di bagian barat berbatasan langsung dengan Daerah istimewa Yogyakarta dan Kabupaten Klaten. Sedangkan di sisi bagian utara berbatasan langsung dengan kabupaten Sukoharjo dan Karanganyar.

Wilayah Kabupaten Wonogiri memiliki beberapa potensi wisata, diantaranya adalah, Waduk Gajah Mungkur, Goa Putri Kencana, Pantai Nampu, Pantai Sembukan, Kahyangan, Setren Girimanik, dan masih banyak yang lainnya.

Jika dilihat dari letak wilayahnya, kabupaten Wonogiri sangat berpotensi sebagai kota tujuan wisata, karena letaknya yang dekat dengan tujuan wisata Solo dan Jogja, juga letaknya yang relatif dekat dengan Bandara Adi Sumarmo Solo membuatnya sangat di mungkinkan sebagai tujuan wisata.

Sebagian besar Penduduk Wonogiri hidup sebagai petani, dan sebagian lainya merantau ke luar wilayah Wonogiri atau warga wonogiri biasa menyebutnya dengan istilah boro. Mayoritas perantau dari Wonogiri bekerja sebagai penjual bakso,mie ayam dan Jamu. Dan beberapa diantaranya menduduki jabatan penting di instansi pemerintahan dan swasta. ([email protected])

error: Content is protected !!